PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH

Abd Rahim Razaq, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat profesionalisme seorang guru dalam mengajarkan bahasa Arab di sekolah Madrasah tingkat Tsanawiyah. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif analisis, penelitian dilakukan dengan observasi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Datarang, di Kabupaten Gowa. Fokus utama dalam penelitian ini adalah menilai profesionalisme guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab, khususnya di kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Datarang. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa profesionalisme guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab, telah ditunjukkan dengan sangat baik dan profesional dalam menjalankan tugasnya selama proses belajar mengajar berlangsung. Proses belajar juga berlangsung sangat baik di mana guru mampu menciptakan suasana yang kondusif, sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan tenang dan mudah.

 

Kata kunci: Madrasah Tsanawiyah; Pembelajaran Bahasa Arab; Profesionalisme guru


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Pustaka Agung Harapan 2006

Daryanto. Panduan Proses Pembelajaran&Inovatif. Jakarta: Publisher 2009..

Ahmad Fu’ad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang, jakarta: PT Rineka Cipta 2005.

Getteng Rahman. menuju guru professional dan ber-etika. Yogyakarta: Grha guru 2009

Hasnidar. Efektifitas penggunaan metode tutor sebaya pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP UNISMUH MAKASSAR 2015

Herman, Acep. Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya 2014

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008.

Kunandar. Guru Profesional , Jakarta: Rajawali pers, 2009

M. Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran, Delia Citra Utama, Jakarta, 2002.

Madjidi Busyairi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Sumbangsih Offset, Yogyakarta, 1994.

Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Komptensi Guru, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.

zMalibary Akrom dkk, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN, Jakarta, 1976.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta:Rajawali Pers, 2011

Nata Abuddin. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid, Jakarta; Raja Grafinfo 2009

Sumardi Mulyanto, Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi, Kramat Kwitang, Jakarta, 1974. Sugiono. Prosedur penelitian, Jakarta: Alfabeta 2008

Zaenuddin Radiyah, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Pustaka Rihlah Group, Cirebon, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.