MEDIA SEBAGAI LEMBAGA SOSIAL DAN KOMERSIAL

Wiwiek Laila

Abstract


Pada era digital saat ini, kehadiran media massa suatu keniscayaan. Fungsinya sebagai alat komunikasi interpersonal dan intrapersonal sudah menjadi suatu kebutuhan. Generasi milenial senantiasa menggunakan media dimanapun, kapanpun bahkan dengan siapapun. Oleh karenanya media menjadi efektif untuk menjadi alat control dan sekaligus menjadi alat komersial. Media sudah menjadi kebutuhan era industrialisasi saat ini. Segala kebutuhan bisa diselesaikan dengan cepat, tepat dan efisien. Hal ini yang menyebabkan media mempunyai alih fungsi, yang berawal sebagai media informasi, hiburan dan control social sudah berubah menjadi kepentingan industri. Munculnya iklan yang sangat bervariatif menunjukkan bahwa media sudah bergeser dari lembaga social juga sebagai komersial.Keberadaan iklan yang munculsetiap saat, meski sedang membaca berita ataupun artikel-artikel lainnya. Keberadaan iklan inilah yang mampu menopang keberlangsungan program di media cetak maupun elektronik, dan pada akhirnya media sangat dipengaruhi oleh iklan dsn sebaliknya.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Warson Munawir. Kamus Al-Munawwir Arab–Indonesia, Pustaka Progresif, Surabaya, 2010

Agung suwasana, Arief. Representasi iklan jurnal, volume 2, no 2 juli 2001, Pusat penelitian Universitas petra ,Surabaya, 2001

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002

Frank Jefkins. Periklanan. Jakarta: Erlangga, 1997

Kasali. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti,1995

Kuswandi. Komunikasi masa: Sebuah Analisis isi Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta, 1996

Leuwis 2004 dalam Lubis Djuara P, Mugniesyah SS, Purnaningsih N, Riyanto S, Kusumastuti Yanti I. Fatchiya Anna. Dasar-Dasar Komunikasi. Bogor: Sains KPM IPB Press, 2010

Maryani, Eni. Media dan Perubahan Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2010

Prakosa, Adi. Komunikasi Massa. Jakarta: Unas Press, 2006

Rendra Widyatama, Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia, 2005

Romly, Asep Syamsul. Jurnalistik Praktis. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2002

Sadiman. Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2002

Stefanus Tri Guntur Narwaya, et al,. Komunikasi, Perubahan Sosial dan Dehumanisasi. Surakarta: Pustaka Rumpun Ilalang, 2005

Tabroni, Roni. Spionase di Media Sosial. Jakarta: Pustaka Djati, 2012

Wardhani, Diah. Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.