Efektivitas Metode Totally Physical Response (TPR) dalam Meningkatkan Penguasaan Ungkapan Harian Berbahasa Arab Santri Putri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai

Nur Oktaviani A. Salim, A. Fajriwati T., Nur Fadilah Amin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sebelum menggunakan metode Totally Physical Response (TPR), 2) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sesudah menggunakan metode Totally Physi meningkatkan penguasaan ungkapan harian santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One Grup Pretest Postest Desain yaitu jenis eksperimen hanya digunakan pada satu kelompok tanpa pembanding bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan ketika menerapkan metode Totally Physical Response (TPR). Metode pengumpulan data yaitu observasi, teknik tes secara lisan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penguasaan ungkapan harian Santriwati sebelum menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) peneliti melakukan observasi dan memberikan pretest secara lisan yaitu berupa ungkapan harian yang diketahui oleh siswa. Hasil penilaian pretest santri putri untuk nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 50, 2) Penguasaan ungkapan harian santri putri yaitu peneliti memberikan materi dan menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) siswa memperagakan perintah yang diungkapkan peneliti, selanjutnya peneliti mengadakan postest memberikan ungkapan harian dengan menggunakan metode Totally Physical Response (TPR). Hasil penilaian postest terendah 70 dan tertinggi 100. 3) Peneliti melakukan uji efektifitas dengan melihat data penilaian siswa dimana nilai rata-rata pretest 60,6 dan nilai rata-rata postest 89,8. Dengan demikian

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono 2009, Pendidikan bagi anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Depdikbud, PT. Rineka Cipta.

Arifin H Muzayyin 1987. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Buna Aksara.

Arikunto 2010, Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praketk. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar 2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta : Pustaka.

Azzuhri Muhandis 2009, Metode Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet Diera Teknologi Informasih. Jurnal Insania, Vol. 14, No 3 Oktober.

Dewi Masitah 2011. Dkk.Penggunaan Metode Totally Physical Response (TPR) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sdn Samironoyogyakarta. Jurnal Penelitian Mahasiswa Uny, Vol VI, No 1 april.

Erta Mahyudi & Aziz Fachrurrozi 2016, Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional & Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers.

Fitri Hidayatul St, Efektivitas Penggunaan Media Bagan Arus Terhadap Hasil Belajar peserta Didik.

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5452

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-metode.html

Maidar G. Arsjad dan Mukti 2009, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga.

Muhammad Ali Al-Khuly 2016, Model Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Royyan Press.

Nuha Ulin 2016, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Press.

Pelajar.Pendidikan Nasional Departemen 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Geramedia.

Salim Peter 1991. et-al, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English.

Sugiyono 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: alfabeta.

Suharsimi Arikunto 2010, Prosedur Penelitian, Bandung: Rineka Cipta.

Suwiwati 2009, Peningkatan Hasil Belajar, Palembang: Perpustakaan UT.

Syaiful Anwar dan Tayar Yusuf 1994, Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab, Jakarta: Rajawali Press.

Tarigan 2009, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa.

Team Pustaka Phonix 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka phonix,.

Zain Badadu Dan 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:Pustaka Sinar Harapan.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats