Analisis Isi Buku Bahasa Arab Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Muallimat Aisiyah Cabang Makassar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Siti Anisa Rumfot, Sudir Koadhi, Muhammad Ibrahim

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswi kelas XI Madrasah Aliyah Aisiyah Cabang Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjkkan bahwa buku ajar tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Berdasarkan dari segi seleksi, graditasi, presentasi, buku tersebut memenuhi kriteria buku yang baik. Kemudian kemampuan berbicara siswi yang bisa dikatakan sangat meningkat karena antusias siswa saat mata pelajaran bahasa Arab, dengan bantuan materi yang terperinci serta cara mengajar guru didalam kelas yang membuat siswa semangat dan senang mempelajari bahasa Arab baik secara langsung maupun daring (dalam jaringan) sehingga bisa dikatakan kemampuan berbicara siswi meningkat dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan buku ajar yang digunakan sekarang.
Kata Kunci: Analisis Isi Buku Dan Kemampuan Berbicara


Full Text:

PDF

References


Arif Prajoko, Guru Bahasa Arab Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yoyakarta,

Asna Andriani. 2002. “Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Berbicara”

Burhan Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Sosial: Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press

Henry Guntur Taringan. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa, Bandung.

Lexy.J.Moelong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Lexy.J.Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif

M.Ngalim Purwanto, Djeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Jakarta: PT.Rosda Jaya Putra.

Moh. Mansyur Tamri Dan Salman Harun, Modul Bahasa Arab II, Jakarta: dirjen bibaga Islam dan Universitas Terbuka

Muhammad Yunus. 1983. Metodik Berbahasa Arab (Al-Qur’an), Jakarta: Yodakarya Agung

Sudarwan Danim. 2020. Menjadi Penilitian Kualitatif Rancangan Metodologi, Preantasi Dan Publikasi Hasil Penilitian Untuk Mahasiswa Dan Penilitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta: Rineka cipta

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

W.J.S Poerwadarmita, Kamus Umum Bahasa Idonesia. Jakarta: PT. Al-Ma’rif




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats