Korelasi Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Keterampilan Berpidato Bahasa Arab

Anshar Anshar

Abstract


Pengajaran mufrodat (kosakata) bahasa Arab merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur-unsur yang terkandung dalam pengajaran bahasa Arab, karena belajar mufrodat berarti sama saja dengan belajar bahasa itu sendiri. Sehingga mufrodat memegang peranan penting dalam bahasa Arab. Seseorang tidak dapat dikatakan menguasai bahasa Arab kalau belum menguasai mufrodat bahasa Arab. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. Secara kronologis, fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat untuk mengadakan integrasi, adaptasi sosial, dan sebagai alat untuk kontrol sosial. Dengan bahasa, seseorang akan melakukan komunikasi, baik ketika ia akan menyampaikan sesuatu yang ada dalam benaknya maupun menerima kabar dari orang lain. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesama.
Tulisan ini bermaksud menjelaskan tentang korelasi penguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berpidato bahasa Arab karena secara konsepsional kualitas keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliki. Dan seseorang yang memiliki kualitas dan kuantitas kosakata bahasa Arab akan mempunyai keterampilan lebih dalam berbicara bahasa Arab.
Kata Kunci : Korelasi, mufrodat, Mahaarah al-kalam, Komunikasi


Full Text:

PDF

References


A, Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Tarigan, H. G. 1986. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Al-Qur’anul karim.

Dahlan, Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al -Ikhlas.

Echols, John. M & Shadily, Hasan. 1995. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia

Kridalaksana, Hari Murti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Majidi, B. 1994. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Aplikasi Prinsip-Prinsip Linguistik). Yogyakarta: Sumbangsih Offset.

Munawir, Warson. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: PP.Al - Munawwir, Krapyak.

Nababan, S. U. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Gramedia.

Nasution, S. 1992. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwadarminto, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PPPB

Sadtono, E. 1987. Antologi Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, H. Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Hadi, S. 1989. Metodologi Researh. Yogyakarta : Andi Offset.

Team, Penyusun. 1975. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama (IAIN). Jakarta: Depag RI

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Yusuf, Tayar & Anwar, Syaiful. 1995. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats