Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dasar Nonformal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Penyintas Bencana Banjir Bandang di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara

Nur Fadillah, Mahlani Sabae, Muhammad Ibrahim

Abstract


The objectives of this study are 1. To determine the analysis of non-formal basic Arabic learning strategies to increase learning interest in flash flood survivors in Kappuna village, Masamba sub-district, North Luwu district. 2. To find out the supporting and inhibiting factors in increasing the interest in learning of flash flood survivors in Kappuna Village, Masamba District, North Luwu Regency. 3. To find out the efforts to increase the interest in learning of flash flood survivors in Kappuna Village, Masamba District, North Luwu Regency

The results showed that the non-formal basic Arabic learning strategy that was applied to increase the interest in learning of banjir bandang survivors was a mufrodat learning strategy which was then combined with the direct learning method (الطريقة المباشرة). Interest is influenced by several supporting factors including volunteers, availability of writing instruments, family and environment and interesting materials. The inhibiting factors are the sense of trauma, inadequate facilities and infrastructure and the distance to the place of learning which is quite difficult to reach for the survivors. Then behind these factors, there are efforts made by several parties including involving volunteers from several regions to take a psychosocial approach to child survivors.


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alfiani, Laily Nur. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Ikhtiar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. vol. 2 no. 1(Januari) https://scholar.google.co.id/scholar?start=10&q=minat+belajar+peserta+didik&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DfgyBL_exF0cJ (diakses 21 Juni 2012).

B. Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Efektif, dan MenarikI). Jakarta: Bumi Aksara.

Bagja Sulfani, Wahyu. 2018. Modul Manajemen Pendidikan Nonformal. Bogor: Program Studi Administrasi Pendidikan STKIP Muhammadiyah Bogor.

Berita resmi muhammadiyah. 2018. Tahfidz keputusan musyawarah nasional tarjih XXIX, fikih kebencanaan, tuntunan sholat. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

CA Pratiwi, dkk. 2012. Perbedaan Tingkat Post-Traumatic Stress Disorder Ditinjau Dari Bentuk Dukungan Emosi Pada Penyintas Erupsi Merapi Usia Remaja dan Dewasa Di Sleman, Yogyakarta. Surakarta: program studi psikologi fakultas kedokteran universitas sebelas maret surakarta.

Fitriyani, Ita. 2020. Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Purwokerto: IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/view/creators/Ita=3AFitriyani=3A=3A.html (diakses 12 Juni 2021).

Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif. Medan: Perdana Publishing.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran, Vol. 17, No. 1 Juni https://103.55.216.56/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516 (diakses 5 Juni 2021).

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis 8 juli 2021, pukul 13:45

https://kbbi.web.id.sintas, 11 Juni 2021, 11:16.

https://kbbi.web.id/ajar, 21 Juni 2021, 13:21.

https://kbbi.web.id/bahasa.html 20 Februari 2021, 20:48.

https://kbbi.web.id/dasar.html 25 Agustus 2021. 06:32

https://kbbi.web.id/minat.html, 20 Februari 2021, 10:59.

https://muslim.or.id/51084-keutamaan-belajar-bahasa-arab-dan-ilmu-nahwu.html, 22 Juni 2021,09:22.

https://raharja.ac.id/2020/11/14/analisis/ 9 Juli 2021, 05:56

https://rumusbilangan.com/belajar-bahasa-arab-dasar/ 25 Agustus 2021, 06:48

https://www.cryptowi.com/pengertian-analisis/ 8 Juli 2021, 13:45.

https://www.google.co.id/amp/s/saintif.com/strategi-adalah/amp/ 15 Desember 2020, 03:00.

https://www.gurupendidikan.co.id/analisis/ 9 Juli 2021, 06:16

https://www.merdeka.com/quran/yusuf/ayat-2, 22 Juni 2021, 06:15.

Idris, Meity H. 2014. Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan:Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Cet. I; Jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media.

Iqbal Ramadhoni, Muslim dan Heri Setiadi. Metode Mengajar dan Minat Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab. 2016. vol. 1 no. 2 https://garuda.ristekdikti.go.id/document/detail/1483525 (diakses 28 April 2021 pukul 09:11).

Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (PKBM dan LKP). Jakarta Selatan: Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf (di akses 12 juni 2021).

Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1.

Muhtadi Anshor, Ahmad. 2009. Pengajaran Bahasa Arab: Media dan Metode metodenya. Yogyakarta: Teras.

Nata, MA, Prof. Dr. H. Abuddin. 2014. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Kencana. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=perspektif+islam+tentang+strategi+pembelajaran&oq=perspektif+islam+tentang+#d=gs_qabs&u=%23p%3DmjEqUnpdCXoJ (diakses 6 Juni 2021).

Pusat bahasa departemen pendidikan nasional. 2017. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Rahman, Dine. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta: 2009).

Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Psikologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bo0mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:QqUfZnnOqScJ:scholar.google.com/&ots=v8RX7Gcj4U&sig=Uwvv4Lzt3IAU46HdhpRvajDF5uk&redir_esc=y#v=onepage&q=Minat&f=false (5 Juni 2021).

Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas Spab) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus. 2019. Pendidikan Tangguh Bencana “Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Indonesia”

Sri Sedjati, Retina. 2015. Manajemen Strategi. Cirebon: Deepublish. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=4&q=manajemen+strategi&qst=ib#d=gs_qabs&u=%23p%3DAw4UWA8_LXcJ (diakses 6 Juni).

Suardi Wekke Ph.D, Ismail. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish.

Thobrani, M. 2016. Belajar Dan Pembelajaran, Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional http://simkeu.kemdikbud.go.id/indek.php/peraturan1/8-uu-undang-undang,12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional (pukul 05:44 Rabu, 28 April 2021).

Wahyudin, Dedi. 2020. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i2.6568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats