Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp terhadap siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp dengan motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, menggunakan rumus regresi sederhana dengan jumlah sampel 33 responden.
Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik yaitu pada interval 37,35 – 40,65 dengan nilai rata-rata 39,39. 2) Motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik pada interval 39,55 – 42,45 dengan nilai rata-rata 42,15. Dari hasil uji t, nilai thitung penggunaan media sosial WhatsApp sebesar 0,618 lebih kecil dari nilai ttabelyang telah ditetapkan sebesar 2,021. 3) Nilai signifikan 0,541> 0,05. Selain itu, diketahui persamaan regresi dengan rumus Y = a + bX = 38,400 + 0,095X. Dengan demikian, dapat dinyatakanTerdapat pengaruh yang tidak signifikan antara antara penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Adapun besarnya pengaruh positif penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah 0,012 atau 12% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Media, WhatsApp, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Andreas M Kaplan and Michael Haenlein, 2010 . “ User of the World, Unite TheChallenges and Opportunities of Social Media”. busines horizon
Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan Ed. 1-7-, Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Beni Ahmad Saebani, 2008. Metode Penelitian. Bandung : CV Pustaka
Daryato. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Departemen Agama RI, 1998. Al-qur’an dan Terjemahan Kitab Suci, Semarang : C.V. Toha Putra,
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Diyanti dan Mudjino, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Elvi susanti, 2016. Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dialeg Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (2)
Fachrurrozi, dkk., 2010. Pembelajaran Bahasa Asing: Metode tradisional dankontemporer. Jakarta: Bania Publising
Fuad Ihsan, 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. III; Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Hamzah B Uno, 2014. Teori Sardiman. A.M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Granfindo Persada
Hendra Prana jaya dan wicaksono, pemanfaatan aplikasi WhatsApp di kalangan pelajar: studi kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts jakarta pusat
Herman Warsito, 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia PustakaUtama
M. Abdul Hamid, dkk., 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Cet. I; Jakarta: BumiAksara.
M.Subhanana,dkk. 2000. 1 Statistik Pendidikan, Cet.I; Bandung Pustaka Setia.
Megan poore, 2014. Studying And Researcing with Social Media, (Los Ageles: SageStudy Skills)
Muhaimin, dkk, 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapanya Dalam PembelajaranAgama), Surabaya: CV. Citra Media
Muhhibinsa Dan Iqbal hasan. 2013 Analisis data dan Penelitina dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Muhibbin syah, 2001. Psikologi Belajar, Ciputat: PT logos wacana ilmu.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai, 2003. Teknologi Pengajaran, Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Onong Uchjana Effendy, 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarta
Ridwan, 2005. belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula, Bandung: Alfabeta
Sadiman, Arif,dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta:PT Raja grafindo persada
Sardiman. A.M, 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Granfindo Persada
Soedijanto Padmowihardjo, 2016. Psikologi Belajar Mengajar, Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Sriwahyuni. 2011.”peranan media gambar LCD proyektor dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1C pada MIN Yogyakarta II”. Skripsi pendidikan gurumadrasah ibtidaiyah.yogyakarta: perpustakaan UIN Sunan kalijaga.
Sugiarno. 2012. Metode penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif,Kualintatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Cet.VI;CV Alfabeta
Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, 2009. Manajemen pendidikan, Yogyakarta: AdityaMedia bekerjasama dengan FIP UNY
Suharsimi Arikunto, 1991. Prosedur Penelitian. Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta
Suwarno, Wiji .2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Syamsudin Asyrofi, 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga
Zarella, 2010. The Social Media Marketing Book, Jakarta: PT Sarambi Ilmu Semesta
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats