Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar

Jujun Suciadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp terhadap siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp dengan motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, menggunakan rumus regresi sederhana dengan jumlah sampel 33 responden.

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik yaitu pada interval 37,35 – 40,65 dengan nilai rata-rata 39,39. 2) Motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar berada dalam kategori baik pada interval 39,55 – 42,45 dengan nilai rata-rata 42,15. Dari hasil uji t, nilai thitung penggunaan media sosial WhatsApp sebesar 0,618 lebih kecil dari nilai ttabelyang telah ditetapkan sebesar 2,021. 3) Nilai signifikan 0,541> 0,05. Selain itu, diketahui persamaan regresi dengan rumus Y = a + bX = 38,400 + 0,095X. Dengan demikian, dapat dinyatakanTerdapat pengaruh yang tidak  signifikan antara antara penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Makassar. Adapun besarnya pengaruh positif penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah 0,012 atau 12% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Media, WhatsApp, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Andreas M Kaplan and Michael Haenlein, 2010 . “ User of the World, Unite TheChallenges and Opportunities of Social Media”. busines horizon

Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan Ed. 1-7-, Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Beni Ahmad Saebani, 2008. Metode Penelitian. Bandung : CV Pustaka

Daryato. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Departemen Agama RI, 1998. Al-qur’an dan Terjemahan Kitab Suci, Semarang : C.V. Toha Putra,

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Diyanti dan Mudjino, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Elvi susanti, 2016. Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dialeg Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (2)

Fachrurrozi, dkk., 2010. Pembelajaran Bahasa Asing: Metode tradisional dankontemporer. Jakarta: Bania Publising

Fuad Ihsan, 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. III; Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Hamzah B Uno, 2014. Teori Sardiman. A.M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Granfindo Persada

Hendra Prana jaya dan wicaksono, pemanfaatan aplikasi WhatsApp di kalangan pelajar: studi kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts jakarta pusat

Herman Warsito, 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia PustakaUtama

M. Abdul Hamid, dkk., 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat

M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Cet. I; Jakarta: BumiAksara.

M.Subhanana,dkk. 2000. 1 Statistik Pendidikan, Cet.I; Bandung Pustaka Setia.

Megan poore, 2014. Studying And Researcing with Social Media, (Los Ageles: SageStudy Skills)

Muhaimin, dkk, 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapanya Dalam PembelajaranAgama), Surabaya: CV. Citra Media

Muhhibinsa Dan Iqbal hasan. 2013 Analisis data dan Penelitina dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Muhibbin syah, 2001. Psikologi Belajar, Ciputat: PT logos wacana ilmu.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai, 2003. Teknologi Pengajaran, Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Onong Uchjana Effendy, 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarta

Ridwan, 2005. belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula, Bandung: Alfabeta

Sadiman, Arif,dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta:PT Raja grafindo persada

Sardiman. A.M, 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Granfindo Persada

Soedijanto Padmowihardjo, 2016. Psikologi Belajar Mengajar, Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Sriwahyuni. 2011.”peranan media gambar LCD proyektor dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1C pada MIN Yogyakarta II”. Skripsi pendidikan gurumadrasah ibtidaiyah.yogyakarta: perpustakaan UIN Sunan kalijaga.

Sugiarno. 2012. Metode penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif,Kualintatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Cet.VI;CV Alfabeta

Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, 2009. Manajemen pendidikan, Yogyakarta: AdityaMedia bekerjasama dengan FIP UNY

Suharsimi Arikunto, 1991. Prosedur Penelitian. Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta

Suwarno, Wiji .2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Syamsudin Asyrofi, 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga

Zarella, 2010. The Social Media Marketing Book, Jakarta: PT Sarambi Ilmu Semesta




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats