Hubungan Intensitas Membaca Dan Kemampuan Bercakap Dalam Bahasa Arab Siswa Kelas VII Smp Unismuh Makassar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini mengangkat tiga pokok bahasan yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat intensitas membaca siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, 2) Untuk mengetahui tingkat intensitas bercakap bahasa Arab siswa Kelas VII SMP unismuh Makassar. Dan 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan bercakap bahasa Arab siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik análisis data menggunakan rumus persentase sederhana, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi sebanyak 60 sedangkan jumlah sampel yaitu 50% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode pengajaran bahasa Arab di sekolah SMP Unismuh Makassar. Berbagai macam bentuk metode pengajaran bahasa Arab di antaranya metode Muhadatsah, qawa’id, mubasyarah, mutholaah, dan insya. Dipandang dari segi pemahaman bahwa tingkat pemahaman bahasa Arab siswa dengan metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sangat bagus dan meningkat, Hasilnya dapat diketahui dari hasil angket,33(82,5%) berminat belajar bahasa Arab dengan metode yang digunakan guru, 4(10%) kurang berminat, dan 3(7,5%) tidak berminat belajar bahasa Arab dengan metode yang digunakan guru, dalam proses belajar dapat diketahui dalam hasil wawancara langsung dari guru bidang studi Bahasa Arab.
Kata Kunci : Intensitas, Membaca, Bercakap Bahasa Arab
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sudirman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo
Ahimsa, Dedi, 2002. Terjemahan Accelerated Learning For The 21 Century, Cet. III; Bandung: Nuansa
Arikunto, suharsimi, 1990. prosedur penelitian, cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, azhar, 1997. Bahasa Arab dan Metode Pengajaranya, Ujung Pandang
Departemen Agama RI, 1976. Pedoman pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam (IAIN) Jakarta
Djaali, 1993. Psikologi Pendidikan, Cet IV: Bumi Aksara; Jakarta
Hadi, Sutrisno, 1979. Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Hasyimi Ahmad, 1936. Al-Qowaid Al-Attasyiyah Al-Lughat Al-Arabiya, Cet. I; Mesir: Matabal Sa’ad
Ma’luf, Lois, 1986. Al-Munjid Fil Lughah wa al-A’la, Beirut: Darul Masyrik
Mustafa, Ibrahim. 1997. Al-Mu’jam Al-Wadith. Jus II; Taheran; Maktabul Ilmiat Nuh Uhbiati. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Nashir, Ibrahim, Muhammad. 1993. Informasi dan pengaruhnya dalam Penyebaran dan Pelestarian Nilai-nilai Islam, Semarang: CV Dina Utama
Patolla, Nurdin, 1992. Diktat Statistik, Ujung Pandang: t. P.
Poerwadarminto, W.J.S; 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet VII; Jakarta: Balai Pustaka
Rahim, farida, 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara
Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakrta: Rineka Cipta
Sumardi, Mulyanto, 1994. Metodologi Pengajaran Bahasa Asing. Cet I Jakarta Bulan Bintang
Suwarno, 1982 . Pengantar Umum Pendidikan, cet I; Aksara Baru
Subrata, Sumadi, 1991. Metodologi Panel, Cet. VI; Rajawali
Tarigan, Hentri Guntur, 1985. Membaa Sebagai Sesuatu Kererampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa
Yusuf, Tayer, 1997. Metodologi Pelajaran Agama Bahasa Arab, Cet. II; Jakarta: Graha Prasada
Henry Guntur Tarigan, 1991. Metodologi Pengajaran Bahasa 1, Bandung: Penerbit Angkasa, , Cet. Ke-10.
Ibrahim Madkur, 1392 H./1972 M, et al., Al-Mu‘jam al-Washit, juz I (Cet. II; Kairo: Dar al-Ma‘arif
Mahmud Kamil al-Naqoh, 1980. Ta’lîm al-Lughah al-‘Arobiyah Li al-Natiqîn bilughatin Ukhrô; Asasuhu, Madakhiluhu, Turuq al-Tadrisuhu, (Mekkah: Ummul Quro
Radliyah Zaenuddin, 2005. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group,Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group
S Nasution.1999. Kurikulum dan pengajaranya. Bandung: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto.1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara
Samad, Razak Daruma. 2004. Profesi Keguruan. Makssar: Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar Statistik. Makassar: Adire Publisher
Undang-undang guru dan dosen (UU RI No.14. thn 2005 pasal 10 ayat 1)
W.S winkel.1991.Bimbingan dan Konseling Diinstitusi Pendidikan. Jakarta, PT. Grafindo.
Zakia Drajat. 1980. Minat belajar siswa. Jakarta: CV. Aksara baru
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats