Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah Cabang Makassar

Rukhaima Rukhaima, A. Fajriwati Tadjuddin, Nasruni Nasruni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model make a match  pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match   pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar. Dengan menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ditemukan bahwa Pembelajaran melalui model make a match  pada mata pelajaran bahasa Arab materi kata benda didalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Tingkat keberhasilan belajar meningkat dengan baik, hal ini dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai belajar siswa dan proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menentukan pemahaman dari hasil belajar. Nilai hasil belajar siswa pada tes awal mencapai nilai 45,45 % kemudian meningkat menjadi 77,27% pada siklus I dan pada siklus II meninkat menjadi 95,45%. Nilai hasil belajar ini keberhasilannya berada dikriteria baik.

Kata Kunci : Make a Match, Peningkatan, Hasil Belajar

 


References


Abdul Kadir dkk. 2012, Dasar-Dasar Pendidikan. Edisi. I ;Jakarta:Prenadamedia Group

Arsyad,Azhar. 2004, Media Pembelajaran Cet ;V, Jakarta : PT Raja rfindo Persada

Arikunto,Suharsimi. 2005, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azisah,Siti. 2014, Guru Dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter. Makassar : Alauddin University Press

Ariknto,Suharsimi. 1998, Dasar-DasarEvaluasiPendidikan.Bandung:Rosdakarya

Aqib zainal. 2009, Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya

Dalono,M. 2007, Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Danim, Sudarwan. 2013.Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru.Bandung :Alfabeta

Emzir. 2015, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grapindo

Gazzawi dalam Azhar Arsyad. 1997, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya Beberapa Pokok Pikiran.Ujung Pandang: IAIN Alauddin Ujung Pandang

Hamalik, Oemar. 2007. Perencanaan pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo.

I Gak Wardani, Dkk, 2000. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas terbuka-Depdiknas

Komulasari, kokom, 2010, Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama

Mudjiono dan Dimyati. 2000, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Mulyasa, E.Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich. Masnur. 2012, Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara

Muliawan Ungguh Jasa. 2010. Penelitin Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media

Nashar. 2004, Peran Motivasi dan kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran.Jakarta: Delia Perss

Oemar Hamalik. 1993, Media Pendidikan.Cet.VI; Bandung : CitraAditya

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran .Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ridwan Abdullah Sani, 2013, Inovasi Pembelajaran.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Cet. XIV ;Bandung : Alfabeta

Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yogyakarta: Teras.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008) Mengajar Dan Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Calon Guru. (Surabaya: Unesa University Perss.

Soedarsono. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Trianto. 2006. Panduan Lengkap Penelitian Kelas. Surabaya: prestasi pustaka

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode penelitian, Yogyakarta: Teras

Tanzeh, Ahmad. 2005. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Udin Syaefuddin Saud, 2013. Pengembangan Profesi Guru.Bandung : Alfabeta

Wahidmumi dan Nur Ali. 2008, Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik Disertai Contoh Hasil Penelitian. Malang: UM press

Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.Bandung: Remaja Rosdakarya

Zainy, Hisyam . 2006, Startegi Pembelajaran Aktif. Jakarta bumi aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats