Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah Cabang Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model make a match pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Aisyiyah Cabang Makassar. Dengan menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ditemukan bahwa Pembelajaran melalui model make a match pada mata pelajaran bahasa Arab materi kata benda didalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Tingkat keberhasilan belajar meningkat dengan baik, hal ini dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai belajar siswa dan proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menentukan pemahaman dari hasil belajar. Nilai hasil belajar siswa pada tes awal mencapai nilai 45,45 % kemudian meningkat menjadi 77,27% pada siklus I dan pada siklus II meninkat menjadi 95,45%. Nilai hasil belajar ini keberhasilannya berada dikriteria baik.
Kata Kunci : Make a Match, Peningkatan, Hasil Belajar
References
Abdul Kadir dkk. 2012, Dasar-Dasar Pendidikan. Edisi. I ;Jakarta:Prenadamedia Group
Arsyad,Azhar. 2004, Media Pembelajaran Cet ;V, Jakarta : PT Raja rfindo Persada
Arikunto,Suharsimi. 2005, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azisah,Siti. 2014, Guru Dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter. Makassar : Alauddin University Press
Ariknto,Suharsimi. 1998, Dasar-DasarEvaluasiPendidikan.Bandung:Rosdakarya
Aqib zainal. 2009, Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya
Dalono,M. 2007, Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Danim, Sudarwan. 2013.Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru.Bandung :Alfabeta
Emzir. 2015, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grapindo
Gazzawi dalam Azhar Arsyad. 1997, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya Beberapa Pokok Pikiran.Ujung Pandang: IAIN Alauddin Ujung Pandang
Hamalik, Oemar. 2007. Perencanaan pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo.
I Gak Wardani, Dkk, 2000. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas terbuka-Depdiknas
Komulasari, kokom, 2010, Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama
Mudjiono dan Dimyati. 2000, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Mulyasa, E.Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich. Masnur. 2012, Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara
Muliawan Ungguh Jasa. 2010. Penelitin Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media
Nashar. 2004, Peran Motivasi dan kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran.Jakarta: Delia Perss
Oemar Hamalik. 1993, Media Pendidikan.Cet.VI; Bandung : CitraAditya
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran .Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ridwan Abdullah Sani, 2013, Inovasi Pembelajaran.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Cet. XIV ;Bandung : Alfabeta
Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yogyakarta: Teras.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008) Mengajar Dan Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Calon Guru. (Surabaya: Unesa University Perss.
Soedarsono. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Trianto. 2006. Panduan Lengkap Penelitian Kelas. Surabaya: prestasi pustaka
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode penelitian, Yogyakarta: Teras
Tanzeh, Ahmad. 2005. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Udin Syaefuddin Saud, 2013. Pengembangan Profesi Guru.Bandung : Alfabeta
Wahidmumi dan Nur Ali. 2008, Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik Disertai Contoh Hasil Penelitian. Malang: UM press
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.Bandung: Remaja Rosdakarya
Zainy, Hisyam . 2006, Startegi Pembelajaran Aktif. Jakarta bumi aksara
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats