Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah Terhadap Kemahiran Menulis Santri Tk/Tpa Al-Musthofainal Akhyar Unit 099 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode sambung huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala? 2) Bagaimana pengaruh metode sambung huruf hijaiyah terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala?.
Metode Pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan Teknik analisis data yaitu uji paired sampel t-test dan uji N Gain.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Sambung Huruf Hijaiyah berpengaruh terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala. Dengan mengacu pada nilai Ujian Kelas Eksperimen dimana terjadi peningkatan nilai rata rata pada Post Test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Sambung Huruf Hijaiyah. Begitu pula dengan hasil dari Uji Paired Sample T Test, dimana nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. 2) Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala termasuk dalam kategori tinggi. Dengan mengacu pada nilai N Gain sebesar 0,86 > 0,7.
Kata Kunci : Metode Sambung Huruf Hijaiyyah, Kemahiran Menulis, TK/TPA
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Mubin
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ahmad fuad Effendy. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras
Asrof Syafi’i. 2005. Metodologi penelitian Pendidikan. Surabaya: eLKAF
Effendy Anwar. 2005. Bahasa Dan Sastra Sebagai Prespektif. Yogyakarta: Tiara Wacana
Hasan,Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press
Kartini. 2011. Tarbawi 1. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada
Sirajuddin. 2000. Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta
-----------. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
------------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Tulus Winarsunnu. 2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : UMM Press
Zulhanan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif . Jakarta: Rajawali Perss
Imroat. , Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol 2), http://ejurnal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2
Siswanti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol 1 (3). http://ejournal.unp.
ac.id/index/php/jupekhu
Titin Hariyati. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Materi Hururf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Kartu Mata Pelajaran Alquran Hadist Kelas 1 MI Darussalam Sidodadi Taman Siduarjo. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunnan Ampel Surabaya
Nazir, Moh. 2009, Metode Penelitian. Bogor: Ghaia Indonesia.
Sujarweni, V.Wiratna. 2015, SPSS 25 Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats