Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah Terhadap Kemahiran Menulis Santri Tk/Tpa Al-Musthofainal Akhyar Unit 099 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala

Zahra Humairah, Muhammad Ibrahim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode sambung huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala? 2) Bagaimana pengaruh metode sambung huruf hijaiyah terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala?.

Metode Pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan Teknik analisis data yaitu uji paired sampel t-test dan uji N Gain.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Sambung Huruf Hijaiyah berpengaruh terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala. Dengan mengacu pada nilai Ujian Kelas Eksperimen dimana  terjadi peningkatan nilai rata rata pada Post Test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Sambung Huruf Hijaiyah. Begitu pula dengan hasil dari Uji Paired Sample T Test, dimana nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. 2) Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala termasuk dalam kategori tinggi. Dengan mengacu pada nilai N Gain sebesar 0,86 > 0,7.

Kata Kunci : Metode Sambung Huruf Hijaiyyah, Kemahiran Menulis, TK/TPA


Full Text:

PDF

References


Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Mubin

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ahmad fuad Effendy. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat

Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Asrof Syafi’i. 2005. Metodologi penelitian Pendidikan. Surabaya: eLKAF

Effendy Anwar. 2005. Bahasa Dan Sastra Sebagai Prespektif. Yogyakarta: Tiara Wacana

Hasan,Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press

Kartini. 2011. Tarbawi 1. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada

Sirajuddin. 2000. Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta

-----------. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

------------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Tulus Winarsunnu. 2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : UMM Press

Zulhanan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif . Jakarta: Rajawali Perss

Imroat. , Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol 2), http://ejurnal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2

Siswanti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol 1 (3). http://ejournal.unp.

ac.id/index/php/jupekhu

Titin Hariyati. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Materi Hururf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Kartu Mata Pelajaran Alquran Hadist Kelas 1 MI Darussalam Sidodadi Taman Siduarjo. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunnan Ampel Surabaya

Nazir, Moh. 2009, Metode Penelitian. Bogor: Ghaia Indonesia.

Sujarweni, V.Wiratna. 2015, SPSS 25 Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats