Analisis Kompetensi Sosial Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru bahasa Arab di SMA Muhammdiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kompetensi sosial guru bahasa Arab pada masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.
Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : Kompetensi sosial guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemik covid 19 di SMA Muhammadiya 1 Unismuh Makassar adalah guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran meliputi beberapa hal yaitu guru bahasa arab sebagai fasilitator, pendidik, pengajar, sumber belajar, pembimbing, motivasi dan tauladan bagi siswa, Memberi evaluasi (ulangan), pemberian tugas. minat belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di SMA Muhammadiya 1 Unismuh Makassar sangatlah menigkat khususnya di kelas X IPA yang dapat ditandai dengan semangat belajar siswa, antusias siswa, rasa senang dan suka, siswa dalam proses pembelajran bahasa Arab, hal ini tentu tidak lepas dari cara-cara mengajar guru bahasa Arab yang memberikan fasilitasi belajar siswa dengan baik, nyaman dan menyenangkan, sehingga minat belajar bahasa arab siswa kelas X IPA dapat mengalami peningkatan yang sangat baik walaupun dimasa kondisi pandemik corona. Namun sebaliknya minat belajar siswa kelas X IPS itu sangat kurang, karena meraka yang kuran mampu dalam membaca Al-qur’an dan memahami apa materi yang di sampaikan dan latar belakang sekolah yang umum
Kata Kunci : Kompetensi guru, Minat Belajar, Bahasa Arab
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, 2004. Psikologi : Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media
Abu Ahmadi, 2004. Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Agus Wibowo dan Hamrin, 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogjakarta: Pustaka Pelajar,
Agus Wibowo dan Hamrin, 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad Ludjito, 2010. Guru Besar Bicara: Mengembangkan Keilmuan Pendidikan Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan RaSAIL Media Group
Alghazali, 2005. Ayyuhal Walad, terj. Fu’ad Kauma, Bandung: Irsyad Baitus Salam
Alghazali, 1994. Ihya Al Ulumuddin, terj. Ismail Yakub, Jakarta: CV. Faizan
Alisuf Sabri, 2007. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Azhar Arsyad, 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya; Beberapa Pokok Pikiran, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Charles E Jhonson, Et All, 2009. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Kependidikan di Indonesia, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara
Dadi Permadi. Daeng Arifin. 2010. Perubahan Motivasi dan Sikap dalam Mengajar. Bandung: Nuansa Aulia.
Departemen Agama RI, 2005. Al Qur’an dan Terjemahannya. Cet. III: Bandung: CV Jum‟anatul Ali-ART
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2004. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, Slameto. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
E. Mulyasa, 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda Karya
----------------, 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-----------------. 2013. Uji Kompetnsi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakrya
Ernest R. Hilgard & Gordon H. Bower, 1996. Theoris Of Learning, New York: Meredith Publishing Company
H. Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hamza B Uno, 2007. Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Hujair Sanaky, 2009. Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Sebuah Pemikiran (www.sanaky.com, diakses 5 januari)
Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta Gaung Persada,) cet.1
Jamal Ma’mur Asmani, 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif, Jogjakarta: Diva Press
Jejen Musfah, 2011. Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana,
Kusnandar, 2005. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Persiapan Mengajar Sertifikasi Guru,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, h. 47-48.
Lester D Crow, 1999. Human Development and Learning, New York: American Book Company
Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Cet. XVII
M. Uzer Usman, 2001. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mahmud yunus. 2010. Tafsir Qur’an Karim, Muhdud Yunus Wa Dzurriyyah
Mahmud, 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia,
Mappanganro, 2010. Pemilikan Kompetensi Guru. Cet. I; Makassar: Alauddin Press
Martinis Yamin, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Gaung Persada, Jakarta
Muhibbin Syah, 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. IV; bandung : Sinar Baru Algasindo
Piet A. 1990. Sahertian dan Ida Aleida Sahertian, Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Program Inservice Education. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta
Robert C. Bogdan and sari Knop Biklen, 1982. Qualitative Reseach for Eduication. London: Allyn & Bacon, Inc
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sucipto Suntoro. 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Solo: Beringin 55,
Sudarwan Danim, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif rancangan Metodologi, presentasi, dan publikasi hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, Bandung: CV Pustaka Setia, Cet I,
Sumardi, Tantangan Baru Dunia Pendidikan (http://www.unisosdem.org/kliping, diakses 25 November 2008)
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats