PENGARUH PROGRAM INTENSIF PEMBINAAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XII DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR

Tasrif Tasrif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. 3). Untuk mengetahui pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara.

Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa, dengan sampel 10 orang siswa.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model program intensif pembinaan bahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara diadakan setiap hari sabtu setelah magrib sampai sebelum magrib, dengan mekanisme siswa menginap di ma’had Al-Birr selama program berlangsung, adapun mata pelajaran yang diajarkan yaitu Al-Arabiyah, At-tadribat, dan hifdzul mufradat. 2). Faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara a). Faktor pendukung: Siswanya tinggal asrama sehingga mudah untuk mengikuti program pembinaan, Siswa adalah orang yang benar-benar ingin diajar, Lingkungan pesantren yang membantu program pembinaan, Adanya laboratorium bahasa, Banyaknya buku rujukan, Pembina pesantren sangat menginginkan adanya alumni yang bisa lanjut ke timur tengah sehingga dia mengadakan program pembinaan tersebut b). Faktor penghambat: Tenaga pengajar kurang, Alat peningkatan bahasa kurang memadai, Kurangnya dana, kurangnya siswa yang mengaplikasikan bahasanya, Jarak antara pondok dan Ma’had Al-birr sangat jauh. 3). Pengaruh pembinaan bahasa Arab dalam program intensif terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII Darul Arqam Muhammadiyah Gombara makassar sangat baik, dengan bukti 6 orang siswa mendapat nilai A (tinggi), dan 3 orang siswa mendapat nilai B (sedang), dan 1 orang siswa mendapat nilai C (rendah). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif terhadap siswa dengan diadakannya program intensif pembinaan bahasa Arab.

 

Kata Kunci: Program intensif, Pembinaan, Kemampuan Berbahasa


Full Text:

PDF

References


Al-Qur‟an dan Terjemahnya. 2015, Kementerian Agama RI.

Anas Sudijono, 2000, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anas Sudjana,1997, Pengantar Administrasi Pendidikan Sebagai Suatu Sistem, Bandung: RosdaKarya.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajaran.

Broto, Pengajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua di Sekolah Dasar Berdasarkan Pendekatan Linguistik Konstransitif,

Bella M DePaulo dkk.,1981, “Help that works: The effects of aid on subsequent task performance.,” Journal of Personality and Social Psychology.

Chaer Abdul, 2003, Psikolinguistik Kajian Teoritik , Jakarta : Rineka Cipta. Chuzaimah Chuzaimah dan Sujadi Sujadi, 2007, “Analisis Hubungan

Antara Atribut Konsumen Dengan Atribut Produk Dalam Keputusan Pembelian Buku Di Toko Buku Gramedia Surakarta,” Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Defta Rustin Permata Sari Suparjo, 2013, “Pola Pembinaan Dinas Sosial Dalam Menanggulangi Anak Jalanan Di Kota Bandar Lampung.

Fatorahman, Pupuh, 2014, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditma.

Gorys Keraf, Komposisi: Sebuah kemahiran Keterampilan Berbahasa.

Henry Guntur Tarigan, 1994,Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Jakarta: Angkasa.

Herdita Nurha Pradita, 2017, “Implementaasi Program Sekolah Sehat Di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta,” Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan.

Juwariyah Dahlan, 1992, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: Al Ikhlas.

Kenneth Oben Eyong dkk., 2006, “Newbouldiaquinone A: A naphthoquinone–anthraquinone ether coupled pigment, as a potential antimicrobial and antimalarial agent from Newbouldia laevis,” Phytochemistry.

Kate J Carpenter dan Anthony H Dickenson, 1998, “Evidence that [Phe1ψ (CH2‐NH) Gly2] nociceptin‐(1‐13)‐NH2, a peripheral ORL‐1 receptorantagonist, acts as an agonist in the rat spinal cord,” British journal of pharmacology.

Kun Azka Mazidatil Aula dan Kun Azka Mazidatil Aula, 2016, “Laporan PPL Implemntasi Program Pemberdayaan bagi Pengawas SMA/SMK SE-DIY Yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Bidang Dikmenti Seksi SMA Dinas Disdikpora,” Laporan PPL.

Manfred Ziemek, 1986,Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M. Nurul Huda, 2011, Mudah Belajar Bahasa Arab, Amzah: 2011

PH Dwi, Yuda Bagus, dan Suwanto Adhi, “Implementasi Pelaksanaan Program Perlindungan Anak Di Kota Semarang,” Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip 6, no. 2 (t.t.)

QuraisyShihab, 1996, Membumikan Al-Qur‟an, Cet. XI; Bandung: Mizan.

Syaiful Mustafa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Uin Maliki Press, 2011).

Suparjo.Yani R Lesimanuaya, “Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Pegawai Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera Jayapura Papua, 2016,” Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

SuharsimiArikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

TatangAmirin,1886 Pengantar Sistem, Jakarta: Rajawali Press.

Tim Penyusun Kamus, 1996, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Wonorejo Kota Pekanbaru dan Sultan Syarif Kasim, “Pola Komunikasi Pemimpin Dalam Membangun Motivasi Kerja Pegawai Kantor Kelurahan,” t.t.

Yani R Lesimanuaya, 2016, “Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Pegawai Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera Jayapura Papua,” Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Zulhannan, 2014, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Rajawali: Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats