IMPLEMENTASI BRAILLE BERBASIS MEDIA CARD HURUF HIJAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TUNANETRA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 MAKASSAR

Sumarni Sumarni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan Braille berbasis  media card  huruf hijaiyyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra, 2) Mengetahui manfaat penerapan Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah menggunakan enam titik pola. Siswa meraba pola mulai dari ujung kanan atas sampai pola ujung kiri bawah huruf hijaiyyah yang terdiri 29 huruf. Dalam penerapannya siswa merasa sangat terbantu, selain untuk belajar Bahasa Arab juga untuk membaca Al-Qur’an. 2) Manfaat media card huruf hijaiyyah pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar dintaranya yaitu a) Braille dapat membantu penyandang tunanetra dengan tulisan timbul yang mampu mempermudah siswa dengan belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga untuk membedakan huruf hijaiyyah yang satu dengan huruf hiajiyyah lainnya siswa lebih cepat untuk menebak dan mengetahui hurufnya. b) Siswa lebih fokus

Kata Kunci : Implementasi, Braille, Media Card, Huruf Hijaiyyah, Tunanetra


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Qarim, 2011. Jakarta. Baitul Mall Hadayatullah

Al-Qur’an dan Terjemahan, 2008. Bandung. Cv Penerbitan Diponegoro

Azhar, Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fakultas Agama Islam. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2015. Makassar

Farid. 2007. Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Kartini. 2011. Tafsir Tarbawi 1. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada

Mardan. 2009. Al-Qur’an. Bogor: PT. Gramedia Utama.

Mardan. 2010. Al-Qur’an sebuah pengantar. Bogor: PT. Gramedia Utama

Margono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Sayyid, Muhammad.2009. Tafsir Wa-ulumuhu. Bandung: Bina Cipta

Arsyad. 2002. Huruf Hijaiyyah. diaksesdi http://Islamnyamuslim.com

Fitriyah. 2007. Keterbatasan Fisik. Di akses di http://definisi-menurut-para-ahli/

Hendry. 2010. Menulis. Diakses di http://Pengetian menulis.com/

Semi. 2013. Tulisan. Diakses di http://Ide-kreatif-dalam-tulisan.com

Syaiful. 2014. Media dan jenis media. Diakses di http://.Pengertianahli.com/07 tanggal 16 Juli 2018 Pukul 10.45 WITA.

Sinaga, Hadiati. 2014. Kemampuan membaca. Di akses dihttp:// Kemampuan-membaca-menurut-para-ahli.html

Sugiyono, 2014. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sudrajat, Ahmad. 2014. Kemampuan Membaca. Diakses di http://.Duniapelajar.com

Anung. 2011. Tunanetra. Diakses di http://Pengertiantunanetra.com/

Tarigan. 2013. Media Tulisan. Diakses di http://Pengertian tulisan menurut para ahli.com/

Ulil. 2012. Huruf Hijaiyyah. Diakses di http://wenru/menu/hurufhijaiyyah.html

Zain, Muhammad. 2014. Keterampilan. Diakses di http://Pengertian keterampilan membaca menurut para ahli.com




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats