METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Nasruni Nasruni

Abstract


Abstract

Games of Language or Educative Games are the way of learning Arabic through Games. Game of language is not just as additional activity to having fun, but it can be classified as the way in teaching wich is have the aim to give the learner the opportunity to apply their  language skills. In the process of teaching language, educational games are performed in various forms, one of that  is based on purpose. Educative games are very usefull in recovery, inauguration, and enrichment activities in learning. Besides that, the reality proves that most learners are still weak and have the problem in speaking, writing, and listening skill. These weakness can be overcome gradually by a well designed of the Games . If language teaching does not take a good steps to overcome these weaknesses, learners will always find it difficult to learn the language.

Keywords: Implementation, Educative Games, Learning Arabic

 

Abstrak

Permainan bahasa atau permainan edukatif merupakan cara mempelajari bahasa Arab melalui permainan. Permainan bahasa bukan merupakan aktivitas tambahan untuk bergembira semata, tetapi dapat digolongkan dalam pengajaran yang bertujuan memberikan kesempatan ke pada peserta didik untuk mengaplikasikan kemahiran bahasa yang telah dipelajari. Dalam pengajaran bahasa, permainan edukatif  dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya berdasarkan tujuan. Permainan edukatif sangat berguna bagi aktivitas pemulihan, pengukuhan, dan pengayaan dalam pembelajaran. Selain itu, kenyataan menunjukkan bahwa kebanyakan peserta didik masih lemah dalam menghadapi masalah komunikasi, menulis, dan mendengar. Kelemahan ini dapat diatasi sedikit demi sedikit melalui aktivitas permainan yang dirancang dengan baik dan benar. Jika pengajaran bahasa tidak mengambil langkah yang baik untuk mengatasi kelemahan ini maka peserta didik selamanya menemui kesulitan dalam belajar bahasa.

 

Kata kunci : Penerapan, Permainan Edukatif, Pembelajaran Bahasa Arab


References


Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 1979. T{uruq Ta’li>m al-Lugah al-‘Arabiyyah. cet. I; Kairo-Mesir : Maktabah an-Nahd{ah al-Mis{riyyah.

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa dan Metode Pengajarannya; Beberapa Pokok Pikiran Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. cet. I; Jakarta: Balai Pustakan.

Fadilah, Muhammad dkk. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Cet. I; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haddade, Hasyim. 2011. Reformulasi Kurikulum Bahasa Arab . Cet. I; Makassar: Alauddin Press.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

------------------------------------. 2012. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2). Jogjakarta: Diva Press.

Nuha, Uli. 2012. Metodologi Super Aktif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Rasyid, Ramli. 2011. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MAN I Makassar”, Tesis.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats