ANALISIS KEMAMPUAN PENGUCAPAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI RANNALOE GOWA

Kasmawati kasmawati, Mahlani Mahlani

Abstract


Abstract

Arabic Language is one of  foreign languages which the spreads has been found  in several regions and countries .There is no doubt that Arabic language is absolutely necessary in learning and to go deep into the Knowledge about Islam. This is due to the fact that the books  which become the source of Islam religion especially the broader and more complete in general still written in Arabic. The difficulties encountered in learning Arabic are influenced by the lack of knowledge of Arabic in the society. This study aims to find out the ability in  pronunciation of Arabic vocabulary  at the second grade students in Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa and  the obstacles which faced by students in the pronunciation of Arabic vocabulary. This research was conducted at Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa, in particular on second grade class. The method  used is qualitative. The methods are used in collecting data by researchers  in this study, that is: a) Guidelines for observation, direct observation made with phenomenal systematics are investigated by observing the object of study, b) Interview Guidelines, Relate to data is  collected on human attitudes and desires, this technique is well suited for obtaining accurate data. c) oral tests, to see how far Arabic vocabulary is pronounced in answering questions verbally and The results of this study shows that the pronunciation ability in Arabic vocabulary by the second grade students in Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa is still below the average due to the lack of knowledge of Arabic language among the students themselves, this is because most of them come from the  Primary school which did not know about Arabic language and do study about that.

Keywords: Language,  Arabic Language,  Vocabulary

 

Abstrak

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing yang penyebarannya sudah banyak ditemukan di beberapa daerah dan negara.. Sudah tidak diragukan lagi bahwa bahasa Arab mutlak diperlukan dalam mempelajari dan mendalami ilmu pengetahuan Islam. Hal ini disebabkan buku-buku yang menjadi sumber agama Islam terutama  yang  lebih  luas dan  lengkap  pada umumnya  masih ditulis dalam bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi dalam mempelajari bahasa Arab dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan bahasa Arab di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pengucapan kosakata bahasa Arab pada sisiwa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa serta apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi siswa dalam pengucapan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa,khususnya kelas VIII. Adapun metode yang digunakan bersifat kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti lakukan dalam penelitian ini, yaitu : a) Pedoman observasi, pengamatan langsung yang dilakukan dengan sistematika fenomenal yang diselediki dengan cara mengamati objek yang diteliti. b) Pedoman wawancara, Berhubungan dengan data  yang  dikumpulkan  menyangkut  sikap  dan keinginan  manusia, maka teknik ini cocok sekali untuk memperoleh data yang akurat. c) tes lisan, untuk melihat seberapa jauh kemampuan pengucapan kosakata bahasa Arab dalam menjawab pertanyaan yang diberikan secara lisan dan. Adapun hasil penelitian ini yaitu Kemampuan pengucapan Bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa masih di bawah rata-rata dikarenakan minimnya pengetahuan bahasa Arab di kalangan siswa itu sendiri., hal ini disebabkan oleh karena kebanyakan dari mereka berasal dari SD yang belum mengenal bahasa Arab sama sekali dan belum pernah mempelajarinya.

Kata kunci : Bahasa, Bahasa Arab, Kosa kata


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Anggota IKAPI. 2008. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan/ Disalin dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bandung : CV Pustaka Setia

Gorys Keraf. 1994. Komposisi. Jakarta : Ikrar Mandiriabadi

Hadari Nawawi. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Muhammad Rajab. 2008. Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab. Malang

Nailul Falah. 2002. Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswa IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Ditinjau dari Sikap terhadap bahasa Arab dan Motivasi Belajar Mahasiswa.

Pei, Mario. 1971. Kisah dari Pada Bahasa. Terjemahan oleh Nugroho Notosusanto. Jakarta : Bhara bata

Proyek Peningkatan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama/ IAIN Jakrta. 1990. “Evaluasi Hasil Penelitian IAIN”. Jakarta

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Susanto. 2001. Program SPSS Versi 10,10. Jakarta : Gramedia

Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats