PENGARUH PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASISWI SEMESTER II MA’HAD AL-BIRR MAKASSAR
Abstract
Language is the means of communication in sharing thoughts, ideas, concepts or feelings used by humans both orally and writing. Every nation has its own language, for example Arabic . Arabic is the language that used by the Arabian society. It has a distinctive as the language that is used in the Qur'an, the holy book of Moslem . Arabic Language then became one of the language that is studied all over the world. There are Some opinions that learning Arabic is one of the most difficult and hard to do, so that some people still not interested to learn it. But Without conscious, by studying Arabic and understanding it well, it will be very helpful in memorizing and mastering the Holy Qur'an. This research was conducted at Ma'had Al-Birr Makassar in Jl.Sultan Alauddin 259 Makassar . This study aims To determine the influence of mastery the Arabic language and the ability to memorize Al-Qur'an of the second semester student on Ma'had Al-Birr Makassar. This research is expected to gives good benefit For Students to improve their motivation in memorizing and mastering Al-Qu'ran, for the lecturers are expected can help to provide learning motivation student in mastery and memorize Al-Qu'ran. Besides, for the researchers are expected to provide benefits to apply and implement Arabic language in memorize Al-Qur'an. The research method used is a quantitative approach such as Interview Guide, questionaires, Observation Guide and files. The data obtained was analyzed by regression analysis and Anova 5% (percent). The result of this research is the ability of mastery of Arabic language by second semester student on Ma "had Al-Bir in academic year 2015-2016 has a positive effect toward the ability in memorize Al-Qur'an at 5% (percent) significance level from 4.67.
Keywords: Language, Arabic, Holy Qur'an
Abstrak
Bahasa merupakan alat komunikasi dalam menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan yang digunakan oleh manusia baik secara lisan maupun tertulis. Setiap bangsa memiliki bahasa masing-masing, misalnya Bahasa Arab. Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat bangsa arab. Ia memiliki keistimewaan yaitu bahasa yang digunakan dalam Al-quran, kitab suci umat muslim. Bahasa Arab kemudian menjadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir diseluruh penjuru dunia. Beberapa pendapat mempelajari bahasa arab merupakan salah satu hal yang sangat sulit dan sukar, sehingga masih kurang tertarik untuk mempelajarinya. Tetapi tanpa disadari bahwa dengan mempelajari bahasa arab dengan baik serta memahaminya, itu akan sangat membantu dalam menghafal dan menguasai Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di Ma’had Al-Birr Makassar Jl.Sultan Alauddin 259 Makassar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penguasaan bahasa arab dan kemampuan menghafal Al-Qur’an mahasiswi semester II Ma’had Al-Birr Makassar. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik Bagi Mahasiswa yaitu Meningkatkan motivasi dalam menghafal dan menguasai Al-Qu’ran, untuk dosen diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membantu memberikan motivasi belajar yang mudah kepada mahasiswa dalam menguasai dan menghafal Al-Qu’ran. Sedangkan untuk peneliti diharapkan dapat memberikan manfaat mengaplikasikan dan mengimplementasikan pengusaan bahasa arab dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu Panduan wawancara, Kertas tes, Panduan observasi dan Arsip. data yang telah diperoleh dianalisis dengan analisis regresi dan Anova 5%. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan penguasaan bahasa Arab mahasiswi semester II Ma”had Al-Birr tahun pelajran 2015-2016 berpengaruh positif terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,67.
Kata kunci : Bahasa, Bahasa Arab, Al-Qur’an
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Cet 16: Bandung: Alfabeta.
Faisal hendra,dkk. 2007. Kemampuan Berbahasa Arab. Jakarta: Gaung persada pers. Azhar Arsyad.2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet IV:Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mahmudah Umi,Rosyidi Abdul Wahab. 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Imam Barnadib. 2002. Filsafat Pendidikan..Yogyakarta:Adicipta Karya Nusa
Ali Muhammad. Guru dalam proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru Algesindo)
Asra Abuzar, Sutomo Slamet. 2014. Pengantar Statistika II.Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1996.
Ridwan dan Sunarto.2009. Pengantar Statistik .Bandung:Alfabeta. hal.97-102
http://ahmadmukhlasinalkasuba.blogspot.co.id/2012/09/problem-umum-dalam- belajar-bahasa-arab.html
http://www.referensimakalah.com/2012/12/menghapal-alquran-pengertian- dasar-hukum-tujuan-dan-hikmah
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats