METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Ilham Muchtar

Abstract


Abstract

The concept of Contextual Teaching and Learning (CTL)  emphasizes on the  student activity, both physically and mentally. Contextual Teaching and Learning believe that learning is not just about  memorizing, , considering or remembering facts, demonstrating repetitious exercise but it is  a process of experience in real life  with the nature ( environment). Contextual Teaching and Learning in  Arabic teaching and learning process is believed to improve student’s  achievement in learning Arabic because they will get so much eager to learn or they will have the confidence to know something that has not been known so the pupils are not depressed  in teaching and learning process.

Keywords: Activities, Contextual Teaching and Learning (CTL), Achievement

 

Abstrak

Konsep pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental. Contextual Teaching and Learning memandang bahwa belajar bukanlah kegiatan menghafal, mengingat fakta-fakta, mendemonstrasikan latihan secara berulang-ulang semata akan tetapi proses berpengalaman dalam kehidupan nyata di alam terbuka. Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran bahasa Arab diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar bahasa Arab karena peserta didik semakin bersemangat belajar ataupun mempunyai kepercayaan diri untuk mengetahui sesuatu yang belum diketahui sehingga membuat peserta didik tidak tertekan dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Aktifitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi.


Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. 2013. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: BS Press.

Ahmad Sayadi dan Abdul Majid. 2006. Desain Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Almasdi. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Edisi pertama, cet ke-1. Jakarta : Persada Media

Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Cet.I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

………………….. 2002 Dasar-dasar Penguasaan Bahasa Arab, Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

………………….. 2002. Manajemen Pendidikan Bahasa Arab, Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badry, Kamal Ibrahim. 1997. al-Thuruq al-‘Ammah fi Tadris al-Lughah al-Arabiyyah, Jakarta: Penerbit LIPIA.

Dahlan, Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar bahasa Arab, Cet.I; Surabaya: Usaha Nasional.

Din Yati dan Mudjiono. 2006. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: PT. Bumi Aksara,

al-Naqah, Mahmud Kamil. 1978. Asasiyat Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah fi Ghayri al-‘Arab, Sudan: Ma’had Khartoum.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Saefudin, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan, cet. 1. Bandung: Alfabeta

Sobroto, Suryo. 2009. Prooses Belajar Mengajar DI Sekolah. Jakarta: Rnika Cipta

al-Tawwab, Abdullah. 1986. I’dad Mu’allim al-Lughah al-‘Arabiyyah Li Ghayri al-Natiqina Biha, Jakarta: Ma’had al-‘Ulum al-Islamiyah wa al-‘Arabiyyah.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats