METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB

Muh Ali Bakri

Abstract


Direct artinya langsung. Direct method atau metode langsung yaitu suatu cara menyajikan materi pelajaran Bahasa Arab di mana guru langsung menggunakan Bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikitpun dalam mengajar. Jika ada suatu kata-kata yang sulit dimengerti anak didik, guru dapat mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemonstrasikan, menggambarkan dan lain-lain. Metode ini berpijak dari pemahaman, pengajarkan bahasa asing tidak sama halnya sama mengajar ilmu pasti atau ilmu alam. Jika mengajar ilmu pasti, siswa dituntut agar dapat menghafal rumus-rumus tertentu, berfikir dan mengingat, dalam pengajaran bahasa, siswa atau anak didik dilatih praktik langsung mengucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat tertentu. Demikianlah halnya kalau kita perhatikan seorang ibu mengajarkan bahasa kepada anak-anaknya mula-mula dengan melatih anak-anaknya langsung dengan mengajarinya menuntunnya mengucapkan kata per-kata, kalimat per-kalimat dan anaknya menurutinya meskipun dilihat terasa lucu. Pada prinsipnya, metode langsung (direct method) ini sangat utama dalam mengajar bahasa Arab, karena melalui metode ini siswa langsung dapat melatih kemahiran lidah tanpa menggunakan bahasa ibu (bahasa lingkungannya). Meskipun pada mulanya terlihat sulit anak didik untuk menirukannya, tetapi metode ini menarik bagi anak didik.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 1998. Madkhal ila> T{uruq Ta’li

Effendi, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet. III; Malang: Misykat.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetya, Tri. 2002. Filsafat Pendidikan untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Cet. II; Bandung: Pustaka Setia.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius

Sudjana, Nana dalam Syamsul Nizar (Editor) 2007. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sumardi, Muljanto. 1975. Pengajaran Bahasa Asing; Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang.

Syamsuddin Asyrofi dkk. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademik




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muh. Ali Bakri

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats