PENERAPAN MEDIA AL-BITHAQAAT AL-SYAKLIYAH DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SDIT AL-FITYAN

Muhammad Ibrahim

Abstract


Pembelajaran kosakata bahasa Arab merupakan suatu pembelajaran yang memuat semua unsur-unsur yang terkandung dalam pembelajaran bahasa Arab, karena belajar kosakata bahasa Arab  berarti sama saja dengan belajar bahasa itu sendiri. Sehingga kosakata bahasa Arab memegang peranan penting dalam bahasa Arab. Seseorang tidak dapat dikatakan menguasai bahasa Arab kalau belum menguasai kosakata bahasa Arab. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. Secara kronologis, fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat untuk mengadakan integrasi, adaptasi sosial, dan sebagai alat untuk kontrol sosial. Dengan bahasa, seseorang akan melakukan komunikasi, baik ketika ia akan menyampaikan sesuatu yang ada dalam benaknya maupun menerima kabar dari orang lain. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesama. Tulisan ini bermaksud menjelaskan tentang “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Media”Al-Bithaqaat Al-Syakliyah”, karena secara konsepsional kualitas keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliki. Dan seseorang yang memiliki kualitas dan kuantitas kosakata bahasa Arab akan mempunyai keterampilan lebih dalam berbicara bahasa Arab.

Kata Kunci: kosakata bahasa Arab, media al-bithaqaat al-syakliyah

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul karim.

A.Warson Munawir. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: PP.Al- Munawwir, Krapyak.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dahlan, J. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas.

Banawi, Imam. 1987. Tata Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas

Donoghue Midred, R. 1971. The Child and The English Languange Arts. California. WM.C. Brown Company.

E. Sadtono. 1987. Antologi Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Gay, L.R. 1981. Educational.Reserch. USA: Bell dan Howell Company

Munarti. 1996. Pengaruh penggunaan media kartu kata dalam membuat kalimat pada murid SDN 38 pangkajenne Kabupaten Pangkep. Skripsi. Ujung pandang. IKIP Ujung Pandang.

Modi, Nurhaedah. Dkk. 2001. “Shape Cards” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris (Kosakata) Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Sadiman, Arief S. Dkk. 2010. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Cet. 5; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H. G. 1986. Pembelajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 1986. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Team, Penyusun. 1975. Pedoman PembelajaranBahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama (IAIN). Jakarta: Depag RI

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sadiman, Arief, Dkk. 1984. Media Pendidikan. Jakarta. PT. Intan Pariwara.

Soepomo. 1987. Media Pembelajaran Bahasa. Jakarta. PT. Intan Pariwara.

Yudhono, Ratih. Media Pembelajaran, http://mynameisobos.blogspot. com/2013/10/makalah-media-pembelajaran.html (23 Oktober 2013). (20 Maret 2015).




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats