ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SETELAH TERINTEGRASI DENGAN MA’HAD AL-BIRR
Abstract
Abstract
This study aims to determine (1). learning outcomes and (2). factors that influence student learning outcomes in the Arabic Language Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Makassar, for the 2021/2022 Academic Year after being integrated with Ma'had Al-Birr. Techniques to collect data in the form of interviews and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and data verification. The data sources in this study were students for the 2021/2022 academic year and permanent lecturers of Arabic language education study programs as well as written sources, namely grade transcripts and student cumulative grade point averages or GPA.
The results of this study show that: (1) Student learning outcomes that focus on the cumulative grade point average or GPA. Of the 86 active students of the Arabic language education study program for the 2021/2022 academic year, 50% of students have high GPA, 40.70% of students have medium GPA and 9.30% of students have low GPA. (2) The factors that influence student learning outcomes are divided into two:First,Internal factors, students' interest in learning Arabic and previous educational background are very influential.Second,external factors, motivation to learn from the family and friendship environment as well as the university's assessment system which has high standards.
Keywords : Student Learning Outcomes, Arabic
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). hasil belajar dan (2). faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Akademik 2021/2022 setelah Terintegrasi dengan Ma’had Al-Birr. Teknik mengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 dan dosen tetap prodi pendidikan bahasa Arab serta sumber tertulis yaitu transkip nilai dan Indeks prestasi kumulatif mahasiswa atau IPK.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar mahasiswa yang berfokus pada indeks prestasi kumulatif atau IPK. Dari 86 mahasiswa aktif prodi pendidikan bahasa Arab tahun akademik 2021/2022 terdapat 50% mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, 40,70% mahasiswa yang memiliki IPK sedang dan 9,30% mahasiswa yang memiliki IPK rendah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa terbagi menjadi dua: Pertama, faktor internal, minat belajar bahasa Arab mahasiswa dan latar belakang pendidikan sebelumnya sangat berpengaruh. Kedua, faktor eksternal, motivasi belajar dari lingkungan keluarga dan pertemanan serta sistem penilaian Universitas yang memiliki standar tinggi.
Kata Kunci : Hasil Belajar Mahasiswa, Bahasa Arab
References
Ambisius, (2016). “Apa Saja Jenis-Jenis Wawancara”. (dalam http//brainly.co.id.) diakses pada tanggal 11 April 2023.
Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. (2023). "Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian." PILAR.
Arsyad, Azhar. (2010). "Bahasa dan Metode Pengajarannya." Beberapa Pokok Pikiran Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astutik, W. "Slameto, (2005). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya." Jakarta: Rineka CIPKta.
Djamaluddin, Ahdar, and W. Wardana. (2019). "Belajar dan pembelajaran." Yogyakarta: CV. Kaaffah Learning Center.
Ghozi Mohamad. (2022). "Bahasa Arab Sebagai Komunikasi Orang Islam." Pena Islam Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Hakam, malik, Sudarno Sudarno, and Abdul Hoyyi. (2015) “Analisis jalur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif(IPK) mahasiswa statistika UNDIPK.” Jurnal Gaussian
Halim, Ainul. (2020). "Manajemen Pengelolaan Kelas Tahfid Terhadap Peningkatan Hafalan Qur'an." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam.
Herdiansyah, H. "Metode Penelitian Kualitatif untuk Psikologi." Salemba Humanika (2015).
Khunaifi, Aan Yusuf, and Matlani Matlani. (2019). "Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003." Jurnal Ilmiah Iqra'.
Kristi, Poerwandari. "Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia." Fakultas Psikologi UI (2005).
Kurniawan, Wibisono Yudhi. (2021). "Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Jerome Bruner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta." ISLAMIKA.
Masnan, Sulaeman, and Muhammad Ibrahim. (2023). "Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab bagi Mahasiswa Lulusan SMA & SMK di Prodi PBA FAI Unismuh Makassar." ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Noor, Juliansyah. (2011). "Metodologi penelitian Skripsi, Disertasi, Karya Ilmiah." Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prastowo, Andi. (2011). "Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian." Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Rozi, M. Asep Fathur, Ahmad Sunoko, and Elis Eliana. (2021). "Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Pada Pelaksanaa Pembelajaran Aksara Dasar Pegon." DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam.
Satori, Djam’an, and Aan Komariah. (2009). "Metodologi penelitian kualitatif." Bandung: alfabeta 22.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Wahyuni, Sri Intan. (2009). "Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta." Kependidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.12987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andi Nadila, Sulaeman Masnan, Sulaeman Masnan, Nur Fadilah Amin, Nur Fadilah Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats