Konteks Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kurikulum (Studi Deskriptif di SMA Muhammadiyah Kota Makassar)

Saruni Saruni

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis kurikulum di Sekolah Mengengah Atas Muhammadiyah 4 Mariso; (2) Manajemen kurikulum dalam program pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Mariso; (3) Model integrasi penerapan KTSP, KBK, dan Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 4 Kecamatan Mariso Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, untuk menggambarkan fenomena-fenomena sosial yang terkait dengan penerapan manajemen pendidikan Islam. Analisis data yang digunakan untuk mengkaji data dan informasi yang diperoleh adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis kurikulum di SMA Muhammadiyah 4 Mariso tetap mengacu kepada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dengan prinsip-prinsip yang harus diperhatian antara lain: (a) tujuan yang hendak dicapai harus jelas, makin operasional tujuan, makin mudah terlihat dan makin tepat program-program yang dikembangkan untuk mencapai tujuan; (b) program pembelajaran harus sederhana dan fleksibel; (c) program yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan; (d) program yang dikembangkan bersifat menyeluruh, jelas dan berkelanjutan; (e) harus ada koordinasi antar komponen pelaksana program di SMA Muhammadiyah 4 Mariso, Kota Makassar.i

Kata kunci : Manajemen Pendidikan Islam, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

This study aims to: (1) Application of Islamic education curriculum-based management in the School of SMA Muhammadiyah 4 Mariso puff; (2) Management of the curriculum in Islamic religious education teaching program in SMA Muhammadiyah 4 Mariso; (3) application integration model SBC, CBC, and Curriculum 2013 in SMA Muhammadiyah 4 Districts Mariso Makassar. The research method used was descriptive, to describe the social phenomena associated with the implementation of Islamic education management. Analysis of the data used to assess the data and information obtained is qualitative. Our research found that management implementation of Islamic education based curriculum at SMA Muhammadiyah 4 Mariso still refer to the Competency Based Curriculum (CBC) and the Education Unit Level Curriculum (SBC), the principles that should be concerned, among others: (a) objectives to be achieved should be clear, the operational goals, the more easily visible and more appropriate programs are developed to achieve the goal; (B) learning programs should be simple and flexible; (C) a program conceived and developed in accordance with the objectives set; (D) the developed program is comprehensive, clear and sustainable; (E) there must be coordination between the components of the program managers at SMA Muhammadiyah 4 Mariso, Makassar.

Keywords: Islamic Education, Management, Curriculum-Based Competency.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Dzaujak, 1996. Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Creel, H. G. 1990. Alam Pikiran Cina; Sejak Confucius sampai Mao Zedong . Yogyakarta : PT. Tiara Wacana.

Dedi Supriadi, 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Bandung: PT. Remaja Rusda Karya.

Departemen Agama, 2001. Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra.

Drost. J. 2005. dari KBK (kurikulum berbasis kompetensi) sampai MBS (manajemen berbasis sekolah); esai-esai pendidikan . Jakarta: Kompas.

Hafidudin, Didin, dan Hendri Tanjung, 2003. Manajemen Syariah dalam Prakatik, Jakarta: Gema Insani.

Hamalik, Oemar, 1990. Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Heris Hermawan, A. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Mulyasa, E., 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

________, 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah), Jakarta: Bumi Akasara.

________. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013: Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting,Jakarta: Bumi Akasara.

Muhaimin, 2003.Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Muhaimin, Sutiā€™ah dan Sugeng Listyo Prabowo, 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasution, M.N., 2004. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurhadi, 2004. Kurikulum 2004; pertanyaan dan jawaban . Jakarta: Grasindo

Prawirosentono, Suryadi. 2002. Filosofi Baru TentangManajemen Mutu Terpadu, Jakarta, PT.Bumi Aksara.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Qomar, Mujamil, 2005. Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga.

Ramayulis, 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rosyada, Dede, 2004. Paradigma Pendidikan Demokatis, Jakarta: Kencana.

Sallis, Edward, 2006. Total Quality Management, terj., Ahmad Ali Riyadi, Yogyakarta: Ircisod.

Sulistyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam;Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: TERAS.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, 2005. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching.

Syafaruddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

__________, 2005. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Tafsir, A. 2006. Filsafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tinjauan Kurikulum 2013 dan Buku Ajar http://nasional.news. co. id. Diakses pada tanggal 15Mei 2015.

Terry, George R., dan Leslie W. Rue, 2000. Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara.

Umaedi, 2004. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Widyastini. 2004. Filsafat Manusia Menurut Confucius dan Al Ga zali. Yogyakarta : Paradigma.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PERSPEKTIF