KONTRIBUSI KOORDINASI MATA KAKI, KESEIMBANGAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PADA PERMAINAN SEPAKTAKRAW SD NEGERI MAMAJANG II KOTA MAKASSAR

Achmad Karim, Ikadarny Ikadarny

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian "determinasional". penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw; (2) apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw; (3) apakah ada kontribusi kelentukan terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw; (4) apakah ada kontribusi koordinasi mata kaki, keseimbangan dan kelentukan secara bersama-sama terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw.

Populasinya adalah keseluruhan murid kelas iv dan v sd negeri mamajang ii kota makassar. sampel yang digunakan adalah murid putra sebanyak 30 orang. teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (simple random sampling). teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi (r), dan analisis regresi ganda (r) pada taraf signifikan α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada kontribusi koordinasi mata kaki terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw, dengan nilai kontribusi sebesar 51,00%; (2) ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw, dengan nilai kontribusi sebesar 32,00%; (3) ada kontribusi kelentukan terhadap kemampuan servis pada permainan sepaktakraw, dengan nilai kontribusi sebesar 41,6%; (4) ada kontribusi koordinasi mata kaki, keseimbangan dan kelentukan secara bersama-sama terhadap kemampuan servis pada permainan sepak takraw, dengan nilai kontribusi  sebesar 65,5%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bompa, 1999. Theory and Methodology of Training. Kendall Hun Publishing Company, Lowa

Darwis, Ratinus dan Basa, Dt Penghulu. 1992. Olahraga Pilihan Sepaktakraw, Depdikbud Dirjen Dikti, Jakarta.

Halim, Nur Ichsan. 2004. Tes dan Pengukuran Kesegaran Jasmani. Penerbit UNM Makassar

Harsono. 1998. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching, Depdikbud Dirjen Dikti, Jakarta.

Ismaryati. 2008. Tes dan Pengukuran Olahraga, Cetakan 2. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Nurhasan dan Hasanuddin. 2007. Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Rahantoknam, Edward B., 1988. Belajar Motorik : Teori dan Aplikasinya dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: P2LPTK, Depdikbud Ditjen Dikti

Rani abd. Adib. 1989. Pengembangan Prestasi Olahraga. KONI Kodya Ujung Pandang.

Sajoto, Mochamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Depdikbud Dirjen Dikti Jakarta.

Tola, Ismail. 1988. Permainan Sepakraga dan Sepaktakraw, FPOK IKIP Ujung Pandang.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v3i2.1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/