PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA MAKASSAR UTARA

Muhammad Nur

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara . Data dalam penelitian ini, diperoleh dari wajib pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Makassar Utara yang bersedia menjadi responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan cara melakukan penelitian langsung dilapangan dengan memberikan kuesioner/lembar pertanyaan kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variable kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak.

Keywords


Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan wajib pajak.

Full Text:

PDF

References


Arum, H.P, 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Direktorat Jendral Pajak, 2012. Kumpulan Undang-Undang Perpajakan. Kementerian Keuangan Republik Indonesi,Kanwil DJP SULSELBARTA,

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Hidayatulloh, Hilman Akbar. 2013. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survey Pada KPP Pratama Bandung Cicadas). Jurnal Akuntansi.

Irianto, Slamet Edi. 2005. Politik Perpajakan : Membangun Demokrasi Negara. UII Press Yogyakarta.

Jatmiko, Nugroho Agus. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis Program Studi Magister Akuntansi Universitas Diponegoro, Semarang.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan ( Edisi Revisi 2011) Yogyakarta: Penerbit Andi

Muliari dan Setiawan.2010. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. Skripsi Universitas Udhayana. Denpasar.

Mutia, Sri Putri Tita. 2014. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Artikel Ilmiah. Padang.

Noviyanti, 2012. Pengaruh Tingkat Pemahaman Self Assessment System dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Taman Sari.

Purwoko, Aditya Dwi. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Self Assessment System, Kualitas Pelayanan KPP, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Memenuhi Kewajiban Pajak. Skripsi UIN. Jakarta. 2008.

Resmi, Siti. 2005. Perpajakan Teori dan Kasus. Salemba Empat. Jakarta.

Rustiyaningsih, S. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Widya Warta No.02 Tahun XXXV/Juli 2011, ISSN 0854-1981.1-11

Sartika. 2008. Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kinerja Pelayanan Pajak dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Skripsi UIN. Jakarta.

Sudrajat,2008. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang, Badan Penerbit UIN. Jakarta.

Sumitro, Istanto, 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Malang Utara). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Bandung..

www.keputusanDirjenPajakNo.KEP-114/PJ/2005.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

web
analytics

Flag Counter

Indexing: