IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI MEMBACA TEKS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MALILI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Rita Asminarseh

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah ntuk mengetahui efektifitas dan kreativitas siswa dalam Pembelajaran Card Sort terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris  di SMA Negeri 1 Malili Kelas XI tahun pelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan adalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dapat membantu dalam pengembangan kompetensi guru dalam penyelesaikan masalah. Dalam PTK pembelajaran mencakup kualitas isi, fisiensi, dan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran dengan Metode pembelajaran Card Sort  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (56%), siklus II (72%), siklus III (92%), (2) model pengajaran Metode pembelajaran Card Sort   dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan, (3) Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok, (4) penerapan pembelajaran dengan Metode pembelajaran Card Sort  mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa.

Keywords


Card sort, peningkatan, belajar, bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


A. Sardiman. 1990, "Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar", Jakarta: CV. Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007, "Penelitian Tindakan Kelas", Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, April 2002, "Bahasa Inggris dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran)", Makasar: Pustaka Pelajar.

B. Uno, Hamzah. 2007, "Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan", Jakarta: Bumi Aksara.

Crow, L dan Crow, A.1989, "Psychology Pendidikan", Yogyakarta: Nurcahya.

Departemen Agama RI. 2002, "Metodologi Bahasa Inggris", Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.

Hamalik, Oemar.1992, "Psikologi Belajar dan Mengajar", Bandung: Sinar Baru.

Iqbal, Hasan Muhammad. 2002, "Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya", Jakarta: Ghalia Indonesia.

J. Moleong lexy. 2007, "Metodologi Penelitian Kualitatif", Bandung: Remaja Rosdakarya.

L. Silberman, Melvin. 2006, "Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif", Bandung: Penerbit Nusamedia.

M.A, Tadjab.1994, "Ilmu Pendidikan", Surabaya: Abditama.

Margono, S. 2000, "Metodologi penelitian Pendidikan", Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi. 1991, "Psikologi Pendidikan", Malang: FT.IAIN Sunan Ampel, Biro Ilmiah.

Rusyan, Tabrani. 1989, "Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar",Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. 2002, "Metodologi Penelitian",Bandung: PT. Mandar Maju.

Slameto.1995, "Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya", Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suja'i. 2008, "Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris", Semarang: Walisongo Press.

Suryabrata, Sumadi. 1984, "Psikologi Pendidikan", Jakarta: Rajawali Press.

Syah, Muhibbin. 2002, "Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru", Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Sukmadinata Nana. 2005, "Landasan Psikologi Pendidikan", Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uzer, Usman, Moh. 1995, "Menjadi Guru Profesional", Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Dedi. Februari 2013, "Metode& Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Pemberdayaan Peserta Didik", (http:// Podoluhur.blogspot.com, diakses 22 Maret 2013).

Wiriatmadja, Rochiati. 2008, "Metode penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen",Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam. 2002, "Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi", Yogyakarta: PT.CTSD.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v3i2.1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/