PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Widyawati Widyawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: menganalisis pengaruh kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan porphosive sampling (secara sengaja) dengan mengambil 10 jenis perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan data keuangan selama 3 (tiga) tahun terakhir (2012–2014). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan regresi linier berganda dengan menggunakan Program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan deviden berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Manajemen Keuangan, Kebijakan Deviden, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Afzal dan Abdul Rohman, 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan, Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 1, No. 2.

Atmaja, Lukas Setia. 2003. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Andi: Yogyakarta.

Brealey, AR., Myers, SC. & Marcus, AJ. 2007. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Erlangga

Brigham, Eugene F, Joel F.Houston, 2009. “Fundamental of Financial Management, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”, Edisi Sepuluh, Salemba Empat, Jakarta.

Hasnawati 2008. Analisis Dampak Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Publik Di Bursa Efek Jakarta. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Hermuningsih, Sri dan Wardani, Dewi Kusuma, 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia dan Bursa Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis. Volume 13 no 2 Hal 173-183.

Indriantoro, Nur, Bambang Supomo, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi Pertama Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta..

Indriyo, Gitosudarmo dan Basri, 2006, Manajemen Keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Keown, J. Arthur, 2000. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Martono dan Harjito, Agus, 2002. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia Kampus, Fakultas Ekonomi, UII, Yogyakarta.

Masulis, R. W. 1980. The Effect of Capital Structure Change on Security Prices: A Study of Exchange Offers. Journal of Financial Economics 8 (June 2): 139-178.

Muslich, M, 2008, Manajemen Keuangan Modern (Analisis, Perencanaan, dan Kebijaksanaan), Bumi Aksara, Jakarta.

Ni Luh Artini,. 2011. Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.15 No.1 hlm. 66-75.

Poernamawatie, Fahmi. 2008. Pengaruh Price Book Value Ratio (PBV) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Gajayana Volume 5 no 2 Hal 105-118.

Purnamasari, 2009. Interdependensi Antara Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Dividen”, Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol. 13 No. 1.

Ramlall, Indranain, 2009. Determinants of Capital Structure Among Non-Quoted Mauritian Firms Under Specificity of Leverage: Looking for a Modified Pecking Order Theory. International Research Journal of Finance and Economics- Issue 31. pp. 83-92.

Sartono, R. Agus, 2008, Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi, BPFE, Yogyakarta.

Sofyaningsih, Sri, Hardiningsih, Pancawati, 2011. Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang Dan Nilai Perusahaan, Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3 No.1, 2011.

Sugiyono, 2004. Statistik untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Volume 9 no 1 Hal 41-48.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta : BPFE

Wijaya, L.R.P, Wibawa, A. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Yulia Efni, 2012. Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen Volum 10 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

web
analytics

Flag Counter

Indexing: