Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Pendidik Melalui Peningkatan Rasio Pendidik & Pemerataan Penyebaran Pendidik di Kabupaten Jeneponto

Nuryanti Mustari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi Kebijakan Peningkatan rasio pendidik dan pemerataan penyebaran pendidik di Kabupaten Jeneponto sebagai salah satu program untuk meningkatkan kompetensi pendidik yang muaranya adalah meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Jeneponto. Sampel penelitian adalah implementor kebijakan yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jeneponto dan Objek Kebijakan yaitu guru-guru IPA, IPS dan Bahasa SMA se Kabupaten Jeneponto yaitu 7 Sekolah Menengah Atas. Dan Informan dari institusi Dinas Pendidikan yaitu Kepala Dinas pendidikan, Sekretaris Dinas pendidikan, Kepala Bidang Ketenagaan, dan Kepala Bidang Kejuruan dan SLTA. Responden dipilih melalui teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, rekaman arsip, wawancara dan observasi langsung. Teknik analisas data adalah teknik analisa siklus yang meliputi tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan peningkatan rasio pendidik dan pemerataan penyebaran pendidik di Kabupaten Jeneponto belum berjalan efektif sehingga masih banyak yang perlu dibenahi dan diperhatikan oleh Pemerintah.


Full Text:

PDF

References


Danim. 2002. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kepend id ikan, ‘ Bandung: Pustaka Setia.

Depdikbud, 1999. Filosofi, Kebijakan dan Strategi Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Dunn, William N. 1981. Public Policy Analysis: An Introduction. New Jersey: Englewood Cliffs.

Islamy, Irfan M. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Jones, Charles O. 1996. Pengantar Kebijakan Publik. Diterjemahkan oleh Ricky Ismanto. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putra, Fadillah. 2003. Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003.

Salusu, J. 2000. Pengambilan Keputusan Stratejik, (Cet. Ketiga).. Jakarta: Grasindo.

Spencer, M., Lyle and Spencer, M. Signe. 1992. Competence at Work: Models for Superrior Performance. New York USA: John Wiley & Son, Inc.

Tangkilisan, Wim, 2008, Mutu Pendidikan Kita, (Online). (www.Koran Indonesia) Diakses 12 Desember 2009.

Tilaar, 2000. Paradigma Baru Pend id ikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Udoji, Chief J.O. 1981. The African Public Srvant As a Publ ic Pol icy in Africa. Addis Abeba: African Association for Public Administration and Management.

Wahab, Solichin Abdul. 1997. Analisis Kebijaksanaan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v1i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats