PENGARUH PELECEHAN SEKSUAL TERHADAPMENTAL SISWA DI DUTA PELAJAR GOWA

Wahyuni Iskandar, Nur Azizah, Siti Satriani

Abstract


Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan yang terkait dengan seks atau Tindakan seksual yang tidak diinginkan termasuk permintaan untuk melakukan seks menyebabkan pelanggaran dan ketidaknyamanan dan termasuk bentuk penghinaan atau memandang rendah sesorang karena hal-hal yang berkenaan dengan seseorang. Kesehatan mental dapat mengakibatkan sesorang mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir serta kendali emosi yang pada akhirnya mengarah pada perilaku buruk. Penyakit mental dapat menyebabkan masalah kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi disekolah dan produktivitas kerja. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh pelecehan seksual terhadap duta remaja di lembaga duta pelajar. Tujuan dan manfaat untuk mengetahui pengaruh pelecehan seksual terhadap mental remaja di lembaga duta pelajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara inquiri desktiktif sebagai strategi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, rekaman dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara terhadap narasumber yaitu di sekolah masih minim pembelajaran seksual, pengetahuan terhadap pelecehan seksual dominan siswa sudah mengetahui mengenai hal tersebut baik itu pelecehan seksual secara verbal maupun secara langsung. Sehingga dengan adanya perilaku pelecehan seksual siswa sudah mampu mengetahui jenis-jenis pelecehan seksual yang dilakukan dan sehingga sudah mampu menghindari pelecehan seksual dan ada beberapa siswa telah mengalami pelecehan seksual sehingga tidak mudah bagi mereka untuk menghilangkan trauma yang dirasakan.

 

Kata Kunci: Duta Pelajar, Mental Remaja, dan Pelecehan Seksual.

 


Full Text:

PDF

References


Aprillita, S.K.W. 2012. Pelecehan Seksual. Universitas Airlangga.

Sumera, M. 2013. Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&O. Edisi Pertama Cetakan Kedua Puluh Enam Alfabeta. Bandung.

Sudarsono. 2017. Pelecehan Seksual. https://pelecehan.htm hlm 18. Diakses pada tanggal 05 Mei 2022.

Ahmad, DN. 2017 Pengaruh Pendidikan Seksual dalam Keluarga Terhadap Perilaku Penyimpangan dan Pelecehan Seksual pada Remaja.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v1i02.8104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats