PENERAPAN TEKNIK ACTING OPPOSITE UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF SISWA DI SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Nurhidayatullah D, Salmiati Salmiati

Abstract


Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Acting Opposite untuk meningkatkan Emosi Positif Siswa di SMPN 23 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana tingkat emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar? 2. Bagaimana gambaran pelaksanaan acting opposite di SMPN 23 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Gambaran emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar. 2. Gambaran pelaksanaan acting opposite di SMPN 23 Makassar. 3. Perbedaan rata-rata kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik acting opposite dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan dalam meningkatkan emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMPN 4 Bulukumba. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi 10 pada kelompok kontrol dan 10 pada kelompok eksperimen. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik acting opposite yang dilakukan melalui 3 tahapan di SMPN 23 Makassar berada pada kategori tinggi. Artinya, siswa berpartisipasi aktif dan antusia selama kegiatan pemberian treatment.. Artinya, teknik acting opposite dapat meningkatkan emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar

 


Full Text:

PDF

References


Arif, I.S. 2016. Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

B. Walgito 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Boeree, C. G. 2006. Personality Theories: Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia.Yogjakarta:Prismasophie

Goleman, D. 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hurlock, E.B. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Sobur, A. 2010. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Stein, B. 2002. Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung : Penerbit Kaifa.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Surya, M. 2003. Teori Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Triantoro S. 2009. Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v1i02.8092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats