PENGARUH GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL BELAJAR SISWA

Sandi Pratama, Alamsyah Alamsyah

Abstract


Pembinaan mental merupakan suatu aktivitas yang sangat penting dan merupakan suatu keharusan serta merupakan sebagaian dari kehidupan pribadi manusia. Sikap dan tindakan manusia dalam hidupnya yang tak merupakan pantulan kepribadiannya yang tumbuh dan berkembang sejak lahir bahkan ketika masih dalam kandungan. Pendidikan Agama hendaknya dapat mewarnai kepribadian anak, sehingga agama itu benar-benar menjadi bagian dari pribadinya yang akan menjadi pengendali dalam hidupnya dikemudian hari.. SMP Muhammadiyah 1 Makassar dalam pembinaan mental mempunyai cara maupun tekhnik dalam membangun mental tersebut. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI adalah sebagai berikut :Melalui kegiatan pembelajaran dan Pembinaan di Muhsollah

 Adapun faktor penghambat Guru PAI SMP Muhammadiyah 1 Makassar  dalam membangun kesehatan mental siswa adalah pengaruh keluarga dan pengaruh pergaulan.  Guru pendidikan agama islam mempunyai pengaruh dalam pembinaan mental siswa karena selain mengajarkan ilmu pengetahuan, guru pendidikan agama islam juga mengajarkan/penanaman nilai-nilai agama.

t.


Full Text:

PDF

References


Amin, Muh, Pengantar Pendidikan Islam, Goredo Buana Indah, Pasuruan, 1992. An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Press, Jakarta, 1995.

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Pers, Jakarta, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Yogyakarta, 2005

Moleong, J, Lexy, Metodelogi Peneltian Kualitatif, Rosdakarya, Bandung, 2005.

Narbuko, Cholid, Ahmadi, Abu, Metode Penelitian, Bumi Aksara, Bandung, 2002.

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jaktim, 1988.

Rodiyah, ST., Setyowati, Nanik, Pendidikan Generasi Muda, Penerbit SIC Kerjasama LPM IKIP, Surabaya, 1996.

Rusyd, Abidin Ibnu, Pemikiran al-Ghozali tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1991.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v1i02.8091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats