PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Ana Fitriani, Ratna Wulandari

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui kemampuan mahasiswa dalam melakukan penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring yang diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey diberikan kepada 48 responden. Adapun instrument yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah kuesioner penyesuaian diri dari Scheneider yang berbentuk skala likert dan terdiri dari 36 pernyatan. Hasil analisis data menggunakan chi-square menunjukkan p-value <0,001, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan efektifitas pembelajaran daring. Sebagian besar responden memiliki tingkat penyesuaian sedang terhadap pembelajaran daring, dan beberapa diantaranya sudah terbiasa dengan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan adanya kemampuan penyesuaian diri yang bervariasi pada mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan pula adanya inovasi dan variasi terhadap pembelajaran daring kedepannya agar mahasiswa tidak mudah mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran, sehingga materi yang diberikan dosen dapat tersampaikan secara optimal sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.


Full Text:

PDF

References


Aswandi, F. (2017). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. (Naskah Publikasi Tidak Diterbitkan). Program Studi Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak.

Baker, R., & Siryk, B. (1984). Measuring Adjustment to College. Journal of Counseling Psychology, Vol. 31 (2).

Cintia Astrina, R. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Psikologi. Jurnal Psikologi, 1–11.

Fajriana, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di SMA Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prociding Seminar Nasioanal 2020 “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar,” 271–278.

Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3(2), 128–135.

Ilmi, D., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Departemen Ilmu Kelautan Dan Oseanografi Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 9 (Nomor 3), 90–102.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.

Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2017). Studi Pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Luar Jawa di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Seminar Nasional Dan Gelar Produk, (0341), 796–803.

Olani. A. (2009). Predicting First Year University Student Academic Succes. Electronical Journal of Research in Educational Psychology. 7 (3), 1053- 1072

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring, 56–60.

Santrock, J.W. (2003). Adolence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Mudhovozi, Pilot. (2012). Social and Academic Adjustment of First-Year University Students. Journal Social Scienc. 33(2), 251-259.

Willis, S dan Sofyan. (2005). Remaja dan Masalahnya. Bandung : CV. Alfabeta.

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E- Learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16–22.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v1i02.8090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats