Peran Bimbingan Kelompok Dalam Mencegah Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar
DOI: https://doi.org/10.26618/2np3p941
Abstract
Irsan. 105 28 11013 21. Peran Bimbingan Kelompok dalam Mencegah Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar. Dibimbing oleh Ratna Wulandari, S.Pd., M.Pd dan Sandi Pratama, S.Pd.I.,M.Pd Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mencegah prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar serta untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok terhadap upaya pencegahan prokrastinasi akademik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa yang menunjukkan perilaku prokrastinasi akademik dan bersedia mengikuti layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Layanan ini membantu memberikan dukungan sosial,mengidentifikasi masalah, mengembangkan strategi manajemen waktu, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan. Peran bimbingan kelompok terbukti membantu siswa mengurangi kebiasaan prokrastinasi akademik, meningkatkan kesadaran manajemen waktu, menumbuhkan motivasi belajar, serta melatih tanggung jawab akademik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu strategi penting dalam mencegah prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prokrastinasi Akademik






