Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bidang Studi Al Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru bidang studi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di SMP Muhammadiyah 1 Makassar, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru, serta tenaga pendidik di SMP Muhammadiyah 1 Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Makassar dijalankan dengan sistematis melalui empat fungsi utama manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan melalui rapat kerja tahunan yang melibatkan seluruh guru dan pegawai. Kepala sekolah memastikan bahwa setiap program kerja berlandaskan visi dan misi sekolah yang terperinci. Pengorganisasian dilakukan dengan penugasan yang jelas kepada setiap guru, sedangkan pengarahan dilakukan dengan memberikan instruksi dan arahan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Pengawasan dilakukan melalui supervisi dan evaluasi terhadap kinerja guru.
Upaya peningkatan kinerja guru dilakukan melalui pelatihan dan workshop yang disesuaikan dengan kebutuhan guru AIK. Faktor pendukung utama dalam meningkatkan kinerja guru adalah pemahaman yang baik terhadap tugas dan tanggung jawab, serta komunikasi yang efektif. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti kurangnya transparansi dalam komunikasi, keterbatasan anggaran, dan ketidakhadiran guru dalam rapat. Kesimpulannya, manajemen yang sistematis dan terstruktur, didukung dengan pelatihan dan pengawasan, dapat meningkatkan kinerja guru AIK di SMP Muhammadiyah 1 Makassar, meskipun beberapa hambatan perlu diatasi untuk mencapai tujuan yang optimal.
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, 2017. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kacamatan Larompong Kabupaten Luwu. Jurnal Pedagogy Volume 2 Nomor 1. Palopo. Universitas Cokroaminoto Palopo. Program Studi S2 Pendidikan Matematika.
Arikunto, 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka cipta.
Ali, M. 1992. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
Bafadhol, Ibrahim. 2005. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cecep Abdurojak, 2020. Pengaruh Pelaksana Kebijakan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Kinerja Pembelajaran Guru dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar siswa / penelitian pada tarbiatul Mu’alimin. Jurnal Khazanah academia. Garut. Universitas Garut. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam.
Dia Ayu Vitasari, 2019. Strategi guru AIK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 4 mojogedong tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Publikasi ilmiah. Surakarta. Program StudiPendidikan Agama Islam Fakultas agama Islam
Didin Hafidhuddin, 2003. Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani Press.
Drucker, Peter F. 1954 The Practice Of Management . New York: Happer & Row.
Dessy Anwar, 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Amelia Surabaya.
Firman Sopandi, 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadaap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Khazanah academia. Garut. Universitas Garut. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam.
Hersey, Paul and Blanchard, Ken, 1986. Manajement of Organization Behavior, 4. Ed (St. Paul: West Publishing company.
Getteng, Abd. Rahman. 2015. Menuju Guru Profesional dan Ber-etika. Cetakan ke-10. Yogyakarta: Grha Guru.
Hasibun, Malayu. 1995. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamalik , Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ibnu Rusn, Pikiran Al- Ghazali Tentang Pendidikan.
Journal Of Strategic Manajement Education 5 (384). 2009,
Judge dan Robbins, 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta: Selemba Empat.
Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership, hlm. 74
Mulyasa, 2009. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Nurhadi. 1983. Administrasi Pendidikan di Sekolah, cetakan ketujuh. Yogyakarta: Andi Offset.
Ngalim Purwanto, 2013. Administrasi dan Supervisi Penddikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2008. Asas-Asas Kurikulum. Edisi II, Cet. Ke-9. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rimang, 2011. Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung : Alfabeta
Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.
Supriati, 2003. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Upah Insentif dan Beban Mengajar Terhadap Motivasi Kerja Guru di SD 02 Pasuruan. Tesis tidak diterbitkan. Pasuruan Universitas Wijaya Putra.
Stoneter, James Af., dan R. Edward Freeman. 1992. Manajemen. Jakarta: Intermedia.
Syaibani, Omar Muhammad al-Toumi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjawa, Wina. 2008. Kurikulum sdan Pembelajaran, Teori Praktek Pengembangan KTSP. Bandung: Kencana.
Yulk dan Gary, 2005. Kepemimpinan Dalam Organisasi, edisi kelima. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v4i1.17542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View J-BKPI Stats