EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING PENDEKATAN ISLAM MELALUI NILAI- NILAI SHALAT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DISMA MUHAMMADIAH DISAMAKAN KOTA MAKASSAR

Husnul Khatimah, Ya’ kub, Ana Fitriani

Abstract


penelitian ini untuk Untuk mengetahui Penerapan Nilai nilai shalat untunk mengatasi Perilaku Membolos Siswa dan bagaimana gambaran perilaku siswa yang muncul setelah menerapkan metode tersebut Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana layanan konseling pendekatan islam melalui nilai- nilai shalat dalam menangani perilaku membolos siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Disamakan Makassar. Hasil dari penelitian ini berisi uji deskriptif yang menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki perilaku membolos dengan kategori rendah memiliki persentase sebanyak 4% yakni berjumlah 1 orang, sedangkan jumlah siswa yang memiliki perilaku membolos dengan kategori sedang memiliki persentase sebanyak 76% yakni berjumlah 19 orang, dan yang memiliki perilaku membolos tinggi dengan persentase 20% berjumlah 5 orang, dari jumlah total keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Berdasarkan Hasil uji hipotesis Wilcoxon menunjukkan hasil uji signifikansi terhadap kedua variabel 0,043 < 0,05 maka H0 dalam penelitian ini diterima, yang berarti terdapat hubungan antara layanan konseling nilai- nilai ibadah shalat dalam mengatasi perikaku membolos di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah disamakan Makassar.

Kata Kunci: Layanan Konseling Islam, Perilaku Membolos,  Ibadah Shol

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, 2019. Fungsi dan Peran Konseling Islam dalam Pendidikan. Islamic Counseling: Jurnal Layanan konseling Islam. (3)1.

Afifah, Annisya. 2021. Peran Layanan konseling Islam dalam Mengatasi Perilaku membolos Remaja. Islamic Counseling. (5)2.

Fatimahtuhzzahroh, Siti and Muhid, Abdul. 2021. Efektivitas Penerapan Layanan konseling Islami Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Proses Belajar: Literatur Review. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Layanan Konseling.

Ibnudin. 2019. Konsep Layanan Konseling dalam Mengatasi Perilaku membolos Siswa. Afkat-Journal. (2)2.

Kartono, Kartini. 2017. Patologi Sosial 2 Perilaku membolos Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Prasasti, Suci. 2017. Perilaku membolos Remaja Dan Faktor Penyebabnya. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Layanan Konseling). (1)1.

Rufaedah, Evi Aeni. 2015. Kajian Nilai-Nilai Layanan Konseling Islami, (Telaah Berdasarkan Al-Qur’an Dan Al-Hadist). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, (1).

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulan Dwiyanti Rahayu, Heris Hendriana, Siti Fatimah. 2020. Perilaku membolos peserta didik ditinjau dari faktorfaktor yang melatarbelakanginya. vol. 3, no. putu

Rufaedah, Evi Aeni. 2015. Kajian Nilai-Nilai Layanan Konseling Islami, (Telaah Berdasarkan Al-Qur’an Dan Al-Hadist). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, (1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v4i1.17171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats