Pembiasaan Sholat Dhuha Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang pada Siswa

Haidar Amran

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai pendeskripsian mengurangi perilaku menyimpang pada siswa yang terbilang masih cukup tinggi di lingkungan sekolah dengan membiasakan sholat dhuha secara berjamaah.Pembiasaan sholat dhuha dilingkungan sekolah bukan hanya sekedar kegiatan rutinan yang dapat dipandang sebelah mata. Seperti yang kita tahu, bahwa minimnya pembelajaran agama yang dilakukan didalam kelas dapat berakibat pada Tingkat kenakalan siswa yang tinggi. Apalagi, manusia pada hakekatnya merupakan makhluk sosial yang mendambakan sebuah kebebasan. Hal demikian harus disikapi dengan serius dan profesional oleh pihak sekolah demi terciptanya karakter siswa yang baik dan mengurangi perilaku menyimpang di lingkungan sekolah. Harapannya, dengan mengadakan pembiasaan sholat dhuha berjamaah dan disisipkan sebuah kultum didalamnya, dapat meminimalisir perilaku menyimpang pada siswa yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain, guru, dan bahkan reputasi sekolah itu sendiri. Program ini dapat dilaksanakan oleh pihak sekolah dengan manajemen yang baik walaupun masih didalam situasi, kondisi, hingga sarana prasarana yang terbilang masih terbatas.  Dengan penelitian kualitatif  deskriptif. Menggunakan instrument library research (studi kepustakaan) yang berfokus pada pencarian data melalui berbagai jurnal dan buku. Hasilnya, penerapan pembiasaan sholat dhuha dilingkungan sekolah dapat berdampak besar terhadap pembentukan karakter siswa pada minimalisasi perilaku menyimpang siswa.


Full Text:

PDF

References


Al Mahfani, M. K. (2007). Berkah Sholat Dhuha. Jakarta: Wahyu Media.

Ekawati, E. &. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 16.

Eriyanto. (2022). PembentukanKarakter Melalui Kultum (Kuliah Tujuh Menit) Pendidikan Agama Islam. GUAU: jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 12.

Fitra, S. A. (2013). Tuntunan Sholat Khusyu' Sempurna dan Diterima. Jakarta: Republik.

Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwosari Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Spiritualita: Journal of Ethics and Spirituality, 46.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 183.

Karim, M. (2010). Mukjizat Shalat Dhuha. Semarang: Wacana Ilmiah Press.

Mahmudi, K. (2018). Penerapan Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa di Sekolah. Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 20.

Mantiri, V. V. (2014). Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL ACTA DIURNA, 4.

Najati, M. (1993). Jiwa Manusia dalam Sorotan Al-Quran. Jakarta: Persada.

Nasution. (1988). Metode Penulisan Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Ajibarang Wetan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 28.

Sa'diyah, A., Djalil, A., & Dewi, M. S. (2020). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMK 5 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 117-127.

Siregar, V. V., Aflah, N., Fadilah, R., Naemah, Z., Wijaya Panjaitan, D. H., Pratama, H. I., & Arif Nashuha, A. H. (2022). Implementasi Kegiatan Sholat Dhuha dan Tahsin Al Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 40-41.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wulandari, D. (2019). Dampak Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Terhadap Peningkatan Moral Siswa Di SMA Syarif Hidayatullah Grati. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP PGRI Pasuruan.

Zakiyah, & Wirawan, B. (2013). Pemahaman Nilai-Nilai Syari'ah Terhadap Perilaku Berdagang (Studi pada Pedagang di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung. Jurnal Sociologie, 331.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v3i1.13680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats