Program Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Tingkat Bullying di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta

Haidar Afnan, Anisa Meilawati

Abstract


penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pentingnya program bimbingan konseling dalam mengurangi terjadinya bulliying disekolah SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif Pengumpulan data ini menggunakan dua metode yaitu wawancara dan library research. hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui Program bimbingan konseling di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, berperan sangat penting dalam membentuk karakteristik siswa sebagai tolak ukur agar selain berbakti dengan guru maka berbakti pula dengan orang tua nya.

 

Kata kunci: bimbingan konseling, bulliying


Full Text:

PDF

References


, u.-u. n. (2014). perubahan atas UU no 23 th 2002 tentang perlindungan anak.

Ariesto, A. (2009). pelaksanaan program antibullying teacher empowerment,. sumedang: jurnal.unpad.ac.id.

Asrori, A. m. (2005). dampak bullying terhadap perilaku remaja (studi pada SMKN 5 Mataram). mataram: jurnal ilmu administrasi publik.

Bereiter, C. (1973). must we educate? englewood cliffs new jersey: prenctise-hall, inc.

catur, s. (2023). bimbingan konseling . solo.

Chakrawati, F. (2015). Bullying siapa takut. solo: tiga ananda.

Coloroso, B. (2007). stop bullying: memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga SMU. diterjemahkan oleh: santi indra astuti. jakarta: jakarta: PT serambi ilmu semesta.

Ela zain zakiyah, s. h. (2017). faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. jurnal ilmiah pendidikan madrasah ibtidaiyah.

Isnawati, F. (2019). bullying non verbal. purwokerto: repository.ump.ac.id.

kartadinata, s. (2007). TEORI BIMBINGAN DAN KONSELING. Seri Landasan dan Teori Bimbingan dan konseling.

Laksana, B. A. (2017). anak usia 12-17 tahun mengalami bulliying. jakarta: detik.com.

miharja, s. (2020). MENEGASKAN DEFINISI BIMBINGANKONSELING ISLAM,. bandung: at-tarjih bimbingan konseling islam.

Novarian, a. &. (2017). Hubungan Antara Fungsi keluarga dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja muslim kelas IX SMP negeri 3 pelembang dan dampak perilaku bullying pada siswa di smp pengudi luhur klaten. klaten dan palembang: jurnal ilmu administrasi publik.

Prayitno. (1995). layanan bimbingan dan konseling kelompok. padang: ghalia indonesia.

Saputra, A. J. (2022). peran guru bimbingan konseling dalam bulliying. Bengkulu : ONSILIA.

Saputri, M. (2013). pelaksanaan pendidikan karakter di SD . jurnal paradigma.

suwartini, s. (2015). Menilik Keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Perspektif Filsafat sistem jasser auda. jogjakarta: Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam.

Turner & helms, g. d. (2006). dampak bullying terhadap kenakalan remaja (studi pada SMKN 5 Mataram). mataram: jurnal ilmu administrasi publik.

Wahyudi, A. S. (2018). peer guidance untuk mereduksi perilaku bullying pada remaja muhammadiyah. . Pringsewu: jurnal bagimu negeri.

Wahyuni, S. (2018). peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi bully. Bantaeng: Jurnal of controlled release.

walgito, b. (2010). bimbingan dan konseling. yogyakarta: repository.uinsu.ac.id.

Wiyani, N. A. (2014). save our childern from school bullying. jogjakarta: PT AR-RUZZ MEDIA.




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v3i1.13629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats