Penerapan Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif dan Empati Siswa SMA Negeri 12 Makassar

Nurhidayatullah D, Agustan Arifin

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini menelaah penerapan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku asertif dan empati siswa SMA Negeri 12 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (i) Apakah ada pengaruh role playing terhadap perilaku asertif siswa SMA Negeri 12 Makassar? (ii) Apakah ada pengaruh role playing terhadap empati siswa  SMA Negeri 12 Makassar? Tujuan utama penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui pengaruh role playing terhadap perilaku asertif siswa SMA Negeri 12 Makassar dan (ii) Untuk mengetahui pengaruh role playing terhadap empati siswa SMA Negeri 12 Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas X SMA Negeri 12 Makassar pada tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dengan menggunakan angket berbentuk skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis observasi dan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Role playing berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa SMA Negeri 12 Makassar. (ii) Role playing berpengaruh terhadap empati siswa SMA Negeri 12 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Dhedi. 2011. Empati Karakter yang di butuhkan Bangsa ini. (http//motivatoredukasi.wordpress.com) di akses 3 Maret 2012

D, N., & Salmiati, S. (2022). Penerapan Teknik Acting Opposite Untuk Meningkatkan Emosi Positif Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. J-Bkpi: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan, 31-43.

D, N., Erwan, & Wahid, A. (2021). Implementasi Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. Proficio, 44-52.

D, N., Salmiati, & Razak, F. (2022). Penerapan Teknik Asertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Konformitas Negatif Siswa Di Sma Negeri 12 Makassar. celebes education review.

D, N., & AR, N. H. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kebiasaan Terlambat Siswa. Jurnal ilmiah penelitian dan penerapannya.

Kuswara, H. 2010. Jadilah Karyawan yang Asertif. (www.garutkab.go.id//jadilahkaryawanyangasertif) di akses tanggal 25 November 2020

Margawati, M., D, N., & Salmiati, S. (2022). Penerapan teknik guided imagery untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. cakrawala ilmiah mahasiswa, 63-68.

Myers, D.G. 2012. Psikologi Sosial. Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Prayitno & Amti, E. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ramadhani, F. N., D, N., & Wahid, A. (2022). Penerapan teknik self regulation learning untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. cakrawala ilmiah mahasiswa, 45-60.

Ress, S & Graham, R.S. 2006. Assertion Training How To Be You Really Are. This edition published in the Taylor & Francis e-Library

Thalib, S.B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.26618/jbkpi.v2i02.11471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View J-BKPI Stats