Pembinaan Guru Pai Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah

Sitti Satriani Is

Abstract


Abstrak

Teknik yang digunakan dalam Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki dan menggambarkan keadaan, kondisi, Guru Pai Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan  Shalat  Berjamaah. Kegiatan bimbingan sholat tersebut dilakukan setiap hari 30 menit sebelum memulai proses pembelajaran diawali dengan membaca surat-surat pendek, sampai murid tersebut mahir dengan bacaan solat serta beberapa hafalan surat-surat pendek. Selain itu untuk memotifasi upaya yang dilakukan guru agama dalam meningkatkan motivasi siswa dalam membiasakan sholat berjamaah adalah dengan membuat berapa stiker di setiap sudut sekolah tentang pentingnya melaksanakan sholat berjamaah.

 

Kata kunci: Guru Pai, Siswa dan Sholat Berjamaah

Abstract

 

The technique used in this research type is descriptive qualitative research . Descriptive research is research that aims to investigate and describe the circumstances, conditions, Guru Pai Allowing Students Carry In Salah Berjamaah. Activity guidance prayer is done every day 30 minutes before starting the learning process begins with reading letters pende k, until the student is proficient with reading solat and some memorized short letters. In addition to motivate efforts made religious teachers in improving students' motivation in getting used to praying together is to make how many stickers in every corner of the school about the importance of performing congregational prayers .

 

Keywords: Teacher PAI, Students and Sholat Berjamaah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi Abu, Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA), Bandung: CV. Armico, 1986.

Al-Hamd Ibrahim bin Muhammad, Bersama Pendidik Islam, Jakarta: Darul Haq, 2002.

Ali Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. XI; Bandung: Sinar Baru, Algensindo, 2002

Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, (Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 1992).

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Bagi Guru dan Calon Guru, Cet. VI; Jakarta:PT. Ikrar Mandiriabadi, 1996.

Surabaya IKIP Kurikulum Metodik Didaktik Team, Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM, Cet. IV; Jakarta: CV. Rajawali, 1989.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. III; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1995.

Ulwan Nashih, Pendidikan Anak Dalam Islam, Cet. II; Jakarta: Pustaka Amani, 1999.

Zuhairini, Ghofir Abdul, Yusuf Slamet As, Metodik Khusus Pendidikan Agama Dilengkapi Dengan system Modul dan Permainan Simulasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

Zuhairini, Ghofir Abdul, Yusuf Slamet As, Metodik Khusus Pendidikan Agama Dilengkapi Dengan system Modul dan Permainan Simulasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sitti Satriani Is

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.