MENJADI PENDIDIK YANG TERDIDIK

Sumiati Sumiati

Abstract


ABSTRAK

 

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Di manapun di dunia ini terdapat masyarakat manusia, dan di sana pula terjadi pendidikan. Walaupun pendidikan merupakan gejala umum dalam kehidupan masyarakat, namun perbedaan pandangan hidup, perbedaan falsafah hidup yang dianut oleh masing-masing bangsa atau masyarakat menyebabkan adanya perbedaan penyelenggaraan termasuk perbedaan tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh suatu bangsa atau masyarakat. Kegiatan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari yang hendak dicapainya. Bagi manusia pendidikan merupakan suatu keharusan, karena manusia lahir dalam keadaan tidak berdaya, ia sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan orang lain untuk dapat berdiri sendiri. Di samping itu manusia lahir tidak langsung dewasa yang mengidentifikasikan manusia dengan moral yang berlaku, dan manusia yang bertanggung jawab, manusia yang sanggup mempertanggungjawabkan segala konsekuensi dan perbuatannya. Oleh karena itu, perbuatan mendidik merupakan perbuatan yang mempunyai tujuan, ada suatu yang ingin dicapai dengan perbuatan tersebut. Orang tua menyuruh anaknya melaksanakan shalat lima waktu, melatih anaknya melaksanakan saum pada bulan ramadhan, melarang anaknya kencing di sembarang tempat dan sambil berdiri, menyekolahkan anaknya dan lain-lain, semuanya itu memiliki maksud dan tujuan yang ingin dicapai, khususnya bagi anaknya.

 

Kata Kunci: Pendidik, Terdidik

 

ABSTRACT


Education is a universal activity in human life. Everywhere in the world there is human society, and there is also education. Although education is a common phenomenon in the life of the community, the differences in life views, differences in the philosophy of life adopted by individual nations or societies lead to different organizational differences, including differences in educational goals to be achieved by a nation or society. Educational activities cannot be separated from what they want to achieve. For human education is a must, because humans are born in a state of helpless, he urgently needs the help and guidance of others to be able to stand on their own. In addition man is born indirectly mature which identifies man with the prevailing morals, and responsible man, man who is able to account for all consequences and actions. Therefore, the act of educating is a purposeful act, there is something to be achieved with the action. Parents asked their children to perform the five daily prayers, to train their children to carry out fasting in Ramadan month, to forbid their children to urinate in any place and to stand up, send their children to school and others, all of which have a purpose and goal to be achieved, especially for their children.

 

Keywords: Educator, Educated


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi. A, dkk, Ilmu Pendidikan, (Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta: 2001)

Daradjat. Z, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Penerbit: Bumi Aksara: 2008)

Sadulloh.U, dkk, Pedagogik (ilmu mendidik), (Penerbit: Alfabeta, Bandung: 2010)

Mudlofir.A, Pendidik Profesional, (Penerbit: Rajagrafindo Persada: 2012)

Sukardjo. M, dkk, Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, (Penerbit: Rajagrafindo Persada: 2010)

Tafsir. A, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Penerbit: Remaja Rosdakarya, Bandung: 2005)

Uno.B.Hamzah, Profesi Kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia, (Penerbit: Bumi Aksara: 2016)

Zuhairini.dkk, Filsafat Pendidikan Islam, (Penerbit: Bumi Aksara, 1995)




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM