MEMOTRET ‘GELIAT’ HUKUM ISLAM DI INDONESIA: Sebuah Pertarungan Konstitusional

Anwar Sadat

Abstract


Abstrak
Pada saat para pendiri Negara ini akan memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, muncul keberatan dari penduduk bagian timur Indonesia yang kebanyakan non-Muslim. Mereka khawatir bila Piagam Jakarta dijadikan dasar Negara maka mereka yang non Muslim akan termarjinalisasikan dan akan menjadi warga Negara kelas dua. Mereka mengancam akan keluar dari Indonesia bila hal itu dipaksakan. Untuk itu melalui tindakan yang bijak, para pendiri Negara setuju agar sila pertama dalam Piagam Jakarta yang menyatakan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluknya diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa. Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama ditambah dengan empat sila yang lain yang dikenal dengan sebutan Pancasila kemudian dijadikan sebagai dasar Negara. Kompromi seperti menjadikan Indonesia tidak murni menjadi Negara sekuler tapi juga tidak menjadi Negara Islam.
Kata kunci: islamic activism, syariat islam, pancasila, kontitusi.

Full Text:

PDF

References


Adhiatera, M.’Interfaith dialog : Agre to disagree’ dalam The Jakarta Post, Mei 2,2006

Alford T.Welch and Piere Cachia,(ed.), Islam: Past Influence and Present Challenge, Edinbrugh: Edinbrugh University Press, 1979.

Al-Syatibi, al-muwafaqat, jilid 2,Bairut, Dar al-Fikr.

Basya, M. Hilaly, Radicalism and Authoritarianism , The Jakarta Post, Jan.30,2006

Brusse, Wendy Asbeek dan Jan Schoonebom, ‘ Islamic Activism and Democratization’ dalam ISIM( International institute for the study of Islam in the modern world) REVIEW 18, 2006

Dahrendorf, Ralf, “Is secularism coming to an end?” , The Jakarta Post,November 15,2006

Djiwandono, J.Soedjati, Misinterpreted democracymay lead to tyranny, The Jakarta Post, Oct.6,2006

Latief, Hilman “Syafii Maarif, moderation and the future of Muhammadiyah” The Jakarta Post.Mei 7,2005.

Mahfud MD, Muhammad, Kuliah Umum yang dilaksanakan UIN Alauddin, tanggal 26 Desember 2013, ‘Wajah Demokrasi Kita’, Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.