KINERJA BKKBN PROVINSI SULAWESI SELATAN DALAM MENEKAN ANGKA PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KOTA MAKASSAR

Hardianti Hardianti, Astuti Umar, Anggriani Anggriani

Abstract


ABSTRAK

Pertumbuhan penduduk di kota Makassar setiap tahun terjadi peningkatan yang signifikan. Seperti yang kita ketahui dampak dari kepadatan penduduk yang terus meningkat akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia. Sebagai upaya penanggulangan masalah kependudukan, pemerintah Indonesia telah mencanangkan dan melaksankan berbagai program kependudukan dan keluarga berencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Kinerja merupakan hasil kerja seorang pegawai dalam malaksanakan suatu tugas dan fungsinya  dimana hasil kerja tersebut harus dapat  dibuktikan secara konkrit serta hasil kerja yang secara kualitas dan kuantitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk seperti kematian, kelahiran dan migrasi. Kinerja BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dalam memprogramkan Keluarga Sejahtera, PIK Remaja, Sosialisasi Alat Kontrasepsi dan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dengan mempublikasikan motto BKKBN “Dua Anak Cukup” kepada masyarakat. Kinerja BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dinilai cukup baik dalam proses pelaksanaan kegiatan yang di dalamnya dimuat beberapa program-program kerja yang akan direalisasikan kepada masyarakat untuk membantu mensukseskan berbagai program yang dilaksanakan.

Kata kunci : Kinerja, BKKBN, Pertumbuhan Penduduk


References


DAFTAR PUSTAKA

Adad, Danuarta. 2014. Kinerja Karyawan.http://Adaddanuarta.com/2014/11/Kinerja-Karyawan-menurut-para-ahli-.html (Online). Dikutip pada 20 Mei 2016 (03.34)

Arsyad, Shawir. 2011. Kependudukan dan Peran BKKBN. http:// Arsyadshawir.com//2011/12/Isu-Kependudukan-dan-Peran BKKBN.html (Online).

BPS Provinsi Sulawesi Selatan (a). 2011. Penduduk Kota Makassar Tahun 2010. Makassar : Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

(b). 2012. Penduduk Kota Makassar Tahun 2011. Makassar : Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

(c). 2013. Penduduk Kota Makassar Tahun 2012. Makassar : Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

(d). 2014. Penduduk Kota Makassar Tahun 2013. Makassar : Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

BPS Provinsi Sulawesi Selatan. 2014. Sulawesi Selatan dalam Angkatan Infigures 2014. Makassar: Katalog BPS (1102001-73).

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fitriani, Nur. 2011. Pengaruh Faktor Demografi Dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Samarida. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Galib, Chaidir. 2009. Kinerja Pegawai Di Kantor Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Hamzah, Amir. 2013. Proposal Penelitian Kualitatif. http:// Amir hamzah.com (Online)

Hamzah, dkk. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Leksono,Sunny. 2013. Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Pabbudja,Sardin. 1997. Pendataan Keluarga dan Beberapa Implikasinya. Jakarta:Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Riyatika,Rini. 2014. Jabat Kepala BKKBN Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: http:// sulselprov.go.id/berita rini riyatika jabat kepala bkkbn (Online). Dikutip pada, 20 Mei 2015 (02:27).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yokyakarta: Alfabeta.

Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, struktur, budaya dan perubahan organisasi). Bandung: Alfabeta.

Widiyanti S,Ninik. 1987. Ledakan Penduduk Menjelang Tahun 2002. Jakarta: PT. Bina Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.