BIO (BIOLOGY ONET) SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS EDU-TECHNOLOGY UPAYA MEMPERMUDAH SISWA SMP DALAM MENGHAFAL ISTILAH LATIN

Fitriani Sabir, Jasmia Jasmia

Abstract


Biologi adalah salah satu pelajaran yang identik dengan menghafal hafalan yang sulit, seperti menghafal genus, nama latin, dan lainnya yang membuat otak harus berputar sedikit keras. Kesulitan penghafalan seperti nama latin ini biasanya karena penuturan bahasa yang memiliki perbedaan yang sangat besar dengan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga sulit untuk dihafal namun cepat dan mudah untuk dilupakan. Hal ini pun menjadikan siswa kesulitan dalam menerimadan menyerap materi pelajaran yang disampaikan yang berdampak   pada hasil belajar. Berdasarkan data hasil penelitian di SMP Negeri 2 Bate diperoleh sebanyak 93,33 % siswa kesulitan dalam belajar biologi karena penggunaan istilah latin dalam biologi (Munawir, 2010). Onet merupakan salah satu permainan yang gemar dimainkan oleh   siswa saat ini karena dapat melatih   kecerdasan otak yaitu kecepatan dan ketepatan otak berpikir untuk memasangkan 2 buah gambar yang sama diantara berbagai jenis paduan gambar lainnya yang hampir sama. Maka dari itu, melalui permainan onet ini dapat dijadikan sebagai inovasi menjadi biologi onet yang bisa digunakan untuk membantu siswa dalam hal penghafalan nama latin pada pembelajaran biologi. Karena disini siswa dapat menformulasikan menghafal sambil bermain sehingga akan terasa lebih menyenangkan sehingga secara spontan pun apabila dimainkan berulang akan terhafalkan sendirinya oleh siswa. Permainan ini sendiri akan diberikan berbagai pilihan level jenis nama latin yang ingin dimainkan. Jenis penelitian pada karya tulis ini yaitu penelitian pustaka dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti jurnal, buku, dan internet. Media ini pun diharapkan dapat membantu siswa dalam menghafal berbagai nama ataupun istilah latin sehingga memudahkan dalam menyerap materi pembelajaran biologi.

Kata Kunci: Biologi, Media Belajar, Onet, Penghafal


Full Text:

PDF

References


Agus, Sunjanto. 1995. Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru.

Agung. 2011. KBBI. Jakarta: Agug Media Mulia

Andini.2012. What’s in Name Tapi Apa Anda Mempunyai Nama.http://muditadpt.blogspot.co.id/, Diakses Tanggal 11 November 2014.

Apasa, 2011. Game Onet V1, https://apasadja.wordpress.com Diakses pada Tanggal 4 November 2014.

Fuqonita, Deswaty. 2006. Seri Ipa Biologi SMP Kelas VII. Surabaya: PT Grafindo Media Pratama

Kadaryanto. 2006. Biologi 1. Bandung: Yudistira Galia Indonesia

Miarso. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rumini. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers

Sabri, M. Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu

Jaya. Saktiyono. 2006. IPA Biology 1. Jakarta: Erlangga

Saktiyono. 2007. IPA Biologi 1. Jakarta: Esis

Sismanto.2010. Menakar Integrasi IPA dalam KTSP. http://duniaguru.com, Diakses tanggal 11 November 2014.

Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Wikipedia. N.d. Tata Nama Biologi. https://id.wikipedia.org/wiki/tata-nama-biologi. Diakses pada tanggal 01 November 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats