OPTIMALISASI NILAI-NILAI BHINEKA TUNGGAL IKA DALAM KCB (KOMIK CERMAT BHINEKA) KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NASIONALISME MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Novianti Akhriani, Riska Riska

Abstract


Pemuda merupakan generasi bangsa yang kelak manjadi visioner dalam membangun Negara. Sebagai penggerak bangsa, pemerintah menyiapkan jenjang-jenjang pendidikan sebagai wadah dalam belajar untuk mengetahui dan memahami sehingga terciptanya pemuda-pemudi yang berkarakter dan berkualitas. Globalisasi ini, Indonesia mengalami penurunan rasa nasionalisme atau rasa cinta tanah air, hal ini dikarenakan gempuran budaya asing dari berbagai negara yang masuk di Indonesia dengan mudahnya diterima dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka budaya, nilai, dan norma sosial yang ada akan merosok sehingga pemuda yang kelak meneruskan tonggak kepemimpinan akan mengalami penurunan kualitas atau daya saing dalam Sumber Daya Manusiaanya. Anak-anak merupakan fase penting bagi manusia sebelum menuju dewasa, di fase ini anak-anak rentan   terpengaruh terhadap lingkungan, kondisi saat ini masih sangat kurang perlindungan yang diberikan oleh pemerintah terhadap anak-anak. Untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai kebhinekaan dalam pendidikan melalui jenjang sekolah dasar melalui media belajar yang digemari oleh anak-anak, seperti komik. Bhineka tunggal ika memilik makna yang penting bagi bangsa ini selain sebagai semboyan, dalam pemaknaanya Bhineka Tunggal Ika menjadi penglebur akan masalah pluralisme dikarenakan Indonesia sebagai negara yang majemuk. Sehingga diharapkan dalam KCB (Komik Cermat Bhineka) dapat terwujud pengoptimalisasian akan nilai-nilai kbhinekaan terhadap  penerus  bangsa  melalui  jenjang  pendidikan dasar. Konsep dan penyajian pembelajaran melalui media komik diyakini menarik minat anak-anak untuk membaca dan memahami akan nilai-nilai yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika sehingga kelak terciptanya generasi yang memiliki nasionalisme tinggi kepada bangsa dan negara.

Kata Kunci: Nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, Nasionalisme, KCB (Komik Cermat Bhineka)


Full Text:

PDF

References


Ali. 2014. Pengertian Nilai dan Macam- macam Nilai. http://www.pengertianpakar.com/. Diakses pada Tanggal 15 Ferbruari 2014.

Agung, Hartoyu H. 2014. Jurnal Menggugah Kesadaran Nasional Mempengaruhi Kebhinekaan Indonesia. http://download.portalgaruda.org/article. Diakses pada Tanggal 15 Februari 2014.

Aleksa. 2013. Pengertian Komik. http://www.e-jurnal.com/-. Diakses pada Tanggal 15 Februari 2014.

Alimir. 2014. 7 Manfaat Keragaman Budaya di Indonesia. http://manfaat.co.id/. Diakses pada Tanggal 15 Ferbuari 2014.

Erwin. 2012. Pengertian Cerdas. http://www.cerdaskan.com/. Diakses pada Tanggal 15 Februari 2014.

Kompas, 2012. Pemuda Indonesia Kurang Diperhatikan. Kompas. Hal 1.

Rosida Binti. 2014. Pentingnya Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dalam Berbangsa dan Bernegara. http://www.kompasiana.com/ntinrosida.com/. Diakses pada Tanggal 15 Ferbuari 2014

Waluyanto, H, D. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Yokono. 2010. Sejarah dan Asal Usul Bhineka Tunggal Ika Menjad Isemboyan Indonesia. http://www.kaskus.co.id/. Diakses pada Tanggal 15 Februari 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats