IMPLEMENTASI ABG (ACADEMICIAN, BUSINESS AND GOVERNMENT) MELALUI KAMPUNG BISNIS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015

Ilmiawan Ilmiawan, Arayani Arayani, Silfa Nugrawati

Abstract


Indonesia mampu menghadapi AEC 2015 dilihat dari sumber daya alam dan manusia yang dimilikinya. Akan tetapi melihat kondisi yang ada saat ini, Indonesia masih kurang dalam pengelolaan SDA dan SDM, sehingga belum mampu bersaing dengan negara-negara maju. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengelolah SDA dan SDM Indonesia adalah melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 20 tahun 2008, tetapi dalam pengembangan UMKM diperlukan fondasi yang kuat antara tiga pihak yaitu Akademisi (Academician), Pelaku Bisnis (Business), dan Pemerintah (Government) atau biasa disingkat dengan ABG, untuk menjembatani antara tiga pihak ini diperlukan sebuah wadah khusus yang akan membantu dalam pengembangan UMKM. Berdasarkan latar belakang yang ada maka penulis merekomendasikan “Implementasi ABG (Academician, Business, and Government) melalui Kampung Bisnis sebagai Upaya Pengembangan UMKM dalam Menghadapi Asean Economic Community 2015”. Kampung Bisnis merupakan wadah yang akan dijadikan sebagai pusat pengelolaan SDA dan SDM yang dimiliki oleh Indonesia serta pemasaran produk yang telah dihasilkan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Data dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penulisan karya tulis ini berupa konsep ABG melalui Kampung Bisnis yang bertujuan membantu pengembangan UMKM.

Kata Kunci: ABG, Kampung Bisnis, UMKM, AEC 2015


Full Text:

PDF

References


APEC CEO Summit 2013 Indonesia. 2013. Kuliah Umum ABAC di UNAIR Konsep ABG (Academic, Business, Government). http://www.apec2013ceosummit.com/. Diakses pada Tanggal 13 Agustus 2014.

Danuar, D. 2013. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Menuju ASEAN Economic Community 2015. Jakarta: DEPDAG.

Desk Informasi. 2013. Pidato Presiden Republik Indonesia pada Hari Kebangkitan Teknologi. http://setkab.go.id/. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2014.

Dokumentasi dan Informasi Hukum, Bagian Hukum, Biro Hukum dan Humas. 2010. Lampiran Arah Penguatan SINas. Jakarta: Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Forestry Research and Development Agency. 2012. Strengthening Forest Science and Technology for Better Forestry Development. Jakarta: Kehutanan Republik Indonesia.

Imaroh, T.S. 2014. Pendidikan Entrepreneurship sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Bangsa dalam Menghadapi AEC. Seminar Nasional “Antisipasi Kebijakan Perpajakan dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015”. Jakarta

Prasetya, A.D. 2014. Menyongsong AEC 2015, Sudah Siapkah kita? http://ekonomi.inilah.com/. Diakses pada Tanggal 13 Agustus 2014.

Suryadika, H. 2014. Peningkatan Daya Saing Indonesia Melalui Pemberdayaan UMKM. http://writing contest.bisnis.com/. Diakses pada Tanggal 10 Agustus 2014.

Susanta, G., & M.A. Syamsuddin. 2009. Cara Mudah Mendirikan & Mengelola UMKM. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Zarkasyi, M.R. 2013. Entrepreneur Radikal Catatan Inspiratif dan Solusi-solusi Taktis Mengatasi Tahapan-tahapan Kritis dalam Bisnis. Jakarta: Renebook.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats