GAME ONET ABC (ANAK BAIK DAN CERDAS) ANIMASI GAME KEKINIAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEGRADASI MORAL PADA ANAK

A. Siska Wangi AS, Fitrianti Fitrianti, Ummi Hayati

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan di segala aspek kehidupan. Salah satu produk teknologi yang semakin berkembang adalah game. Game sangat mudah diterima oleh semua kalangan masyarakat karena bersifat menghibur sehingga rasa penat dan stress dapat berkurang. Namun, game dapat membawa dampak buruk bagi pengguna seperti kecanduan bermain game. Selain itu, maraknya beredar game yang mengandung unsur kekerasan yang mudah diakses anak-anak. Kecanduan bermain game membuat anak menjadi kasar, suka mencaci dan bahkan kehilangan pengendalian diri. Kurangnya pengawasan orang tua dalam pemilihan game yang baik untuk perkembangan anak dapat menyebabkan terjadinya degradasi moral pada anak. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi game yang baik digunakan oleh anak-anak, yang diinovasikan dalam bentuk game Onet ABC (Anak Baik dan Cerdas) sebagai animasi game kekinian dalam upaya mengatasi degradasi moral pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Game Onet ABC (Anak Baik dan Cerdas) dirancang seperti permainan onet sebelumnya namun gambar pada umumnya diubah menjadi gambar yang mencerminkan moral yang baik. Cara memainkan game onet ABC yaitu jika permainan onet biasa mencari pasangan gambar yang sama, maka game Onet ABC (Anak Baik dan Cerdas) mencari pasangan gambarnya juga. Misalnya, gambar pertama menunjukkan gambar seorang nenek berdiri dipinggir jalan dan ingin menyeberang, maka pasangan pada gambar yang kedua adalah anak Sekolah Dasar yang membantu nenek tersebut menyeberangi jalan. Adapun manfaatnya yaitu memberikan pelajaran moral yang baik dan melatih kecerdasan otak.

 

Kata Kunci : Animasi Game, Degradasi Moral, Game Onet


Full Text:

PDF

References


Ambari. (2015). Kerusakan Moral dan Gaya Hidup Remaja Indonesia di Era Globalisasi. Diakses dari www.alhada-fisip11.web.unair.ac.id.

Tiani, A. (2014). Hubungan antar Bermain Game Online dengan perilaku agresif Anak di Surakarta. Diakses dari www.eprints.ums.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats