PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE TERHADAP MINAT BACA BUKU MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS MUHAAMMDIYAH MAKASSAR

Rahmat Ismail, Nur Indah Hasfianah, Ismi Fitrawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan google terhadap minat baca buku oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumen, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa angkatan 2014 jurusan pendidikan sosiologi yang bejumlah sebanyak 248 orang. Dari populasi tersebut, peneliti mengambil sampel yang berjumlah 66 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 16.0  dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data hasil analisis statistik variable penggunaan google dari indikator kecenderungan dengan pernyataan ‘saya menggunakan google untuk masalah pembelajaran, mencari informasi terbaru, serta hal-hal lainnya” mendapatkan nilai tertinggi dengan nilai rata-rata 4,85, dan pernyataan tertinggi kedua dari indicator intensitas dengan pernyataan “Saya menggunakan google lebih dari 2 jam dalam sehari “dengan nilai rata-rata sebesar 4,53. Kemudian pada variabel minat baca buku dari indicator kebermanfaatan dengan pernyataan “Membaca buku memberikan data/informasi yang lebih rinci  dan luas” merupakan nilai rata-rata tertinggi yaitu sebesar 4,35. Sedangkan dari indicator intensitas minat  dengan pernyataan “Saya membaca buku 1-2 kali dalam seminggu” dengan nilai mean 2,86.

 

Kata kunci: Algoritma A, algoritma B, kompleksitas

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adiaksa,Aditya. 2015. Menumbuhkan Minat Baca Untuk Indonesia Cerdas.

www.academia.edu. Diakses Pada 22 Februari 2015 Pukul 14.00

ilu2maz. 2012. Pengertian Google. www.choirulniam.com. Diakses Pada 21 Februari 2015 Pukul 13.15 WITA

inunk. 2011. Pengertian Buku Ajar.www.scribd.com. Diakses Pada 22 Februari 2015 pukul 07.00 WITA

Kanisius .2000 .Transformasi Pendidikan.Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Pribadi, Sikum .1987 .Mutiara-Mutiara Pendidikan.Jakarta : Erlangga.

Santoso, Hari. 2005. Teknik dan Strategi dalam Membangun Minat Baca. UPT Perpustakaan Universitas77 Negeri Malang.Malang : Tidak diterbitkan.

Shopia, Laila. 2008. Minat dan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab ( Studi kolererasional di MTS.Ma’had Islamy Kotagede). Skripsi.Universitas Islam Negeri Kalijaga.Yogyakarta.

Siswati.2010. Minat Membaca pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No.2. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sri Dewi Rahayu. 2009. Faktor – Faktor yang Memepengaruhi Minat Baca Buku Siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta yang Menetap di Asrama. Skripsi .Universitas Islam Negeri Kalijaga.Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian,Cet. I. (Jakarta : PT. RinekaCipta, 1990)




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i2.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats