HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN PRODUKSI PADI DIKECAMATAN PATTALLASSANG, KABUPATEN TAKALAR

Muh. Abdillah Maulana, Arifuddin Arifuddin, Maryam Maryam, Neni Indrawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelurahan Sombala Bella, kecamatan Pattallassang, kabupaten Takalar, dari minggu pertama bulan juni sampai dengan minggu ketiga bulan juni 2017. Tujuan yang ingin diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui efektivitas penyuluhan di kabupaten Takalar, (2) mengetahui produksi padi di kabupaten Takalar, dan (3) mengetahui hubungan antara efektivitas penyuluhan dengan produksi padi di kabupaten Takalar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani di kelurahan Sombala Bella, kecamatan Pattallassang, kabupaten Takalar sebanyak 148 orang yang tergabung dalam 5 kelompok tani. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang petani yang dipilih menggunakan rumus slovin dan metode sampel klaster.Pengumpulan data primer diperoleh melalui observasi untuk mengamati langsung petani dan wawancara dengan responden menggunakan kuesioner.Sedangkan, data sekunder diperoleh dari instansi terkait dengan penelitian ini.Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas penyuluhan (X) dan produksi padi (Y).Di analisis menggunakan skala likert dan korelasi untuk mengetahui hubungan antara efektivitas penyuluhan dengan produksi padi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) efektivitas penyuluhan telah menunjukkan hasil yang baik terhadap kemampuan penyuluh melakukan penyuluhan dengan persentase yang ditunjukan sebesar 70,97%, (2) Produksi padi yang dilakukan di kelurahan Sombala Bella, kecamatan Pattallassang, kabupaten Takalar cukup baik dengan presentase 47,5%, dan (3) ada hubungan yang nyata antara efektivitas penyuluhan dengan produksi padi seperti yang ditunjukkan oleh nilai = 0,991 >= -0,016 dengan nilai r=-0,042.

Kata Kunci: Efektivitas, Penyuluhan, Produksi


Full Text:

PDF

References


BPS (Badan Pusat Statistik) Indonesia. 2016. Statistik Sulsel. BPS Sulsel. Indonesia.

Dukat, dkk. 2015. ‘Efektivitas Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian dalam Penerapan Teknologi Budidaya Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Sistem Tanam Jajar Legowo 4:1’. Jurnal Agrijati. Vol. 28.No.1.http://www.jurnal.unswagati.ac.id/agrijati/article. Diakses pada tanggal 9 Juni 2017, pukul 13:36 WITA.

Ihsan, dkk. 2016. ‘Upaya Petani Meningkatkan Produksi Padi di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan’. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 3.No. 2.http://ppjp.unlam.ac.id/ journal/ index.php/jpg.Diakses pada tanggal 23 Juni 2017, pukul 08:42 WITA.

Makatita, J. dkk. 2014. ‘Tingkat Efektivitas Penggunaan Metode Penyuluhan Pengembangan Ternak Sapi Potong di Kabupaten Buru Propinsi Maluku’. Jurnal Agromedia. Vol. 32.No. 2.http://jurnalkampus.stipfarming.ac.id/index.php/am/article/download/95/97.Diakses pada tanggal 15 Juni 2017, pukul 10:06 WITA.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Saridewi, T. R. dan Amelia, N. S. 2010.‘Hubungan antara Peran Penyuluh dan Adopsi Teknologi oleh Petani terhadap

Peningkatan Produksi Padi di Kabupaten Tasikmalaya’.Jurnal Penyuluhan Pertanian.Vol. 5.No. 1. http://www.stpp-bogor.ac.id/userfiles/file/06-Dewi%20edited.pdf. Diakses pada tanggal 12 Juni 2017, pukul 09:59 WITA.

Siregar, S. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.