DISTRIBUSI PARASIT MONOGENEA (CACING INSANG) PADA IKAN GIRU (AMPHIPRION SP) DI TIGA LOKASI PEMBUDIDAYA IKAN HIAS YANG BERBEDA.

Rahmi Rahmi, Diah Istiqamah

Abstract


Parasit Monogenea adalah umumnya ikan-ikan yang hidup di alam dapat terinfeksi oleh berbagai jenis parasit cacing-cacingan seperti Monogenea, Digenea, Nematoda dan Acanthocepala. Parasit ini perlu pemeriksaan lebih lanjut pemeriksaan karena adanya kerusakan yang diakibatkan oleh infeksi parasit ini pada beberapa lokasi pembudidaya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi parasit monogenea ikan giru  (Amphiprion sp) adalah Brookynella sp, Chilodonella sp dan Trichodina sp. Prevelensi parasit monogenea pada ikan giru (Amphiprion sp) yaitu tertingggi   pada pasar hobbi dan terendah  marina aquarium. Intensitas serangan parasit monogenea pada ikan giru (Amphiprion sp) yaitu tertingggi pada pasar hobbi dan terendah di marina aquarium.  Perlu selalu memperhatikan dan meningkatkan manajemen kesehatan ikan budidayanya dengan menjaga lingkungannya terutama kualitas air pada budidaya ikan giru. 


Keywords


parasite,budidaya,ikan

References


Afrianto dan Liviawati.1992. Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Anshary, H. 2008. Modul Pembelajaran Parasitology Ikan. Jurusan Perikanan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kabata, Z. 1985. Parasites and Disease of Fish Culture In the Tropics. Taylor and Francis. London and Philadelpia.

Noble, E. R. Dan G. A. Noble. 1989. Parasitologi : Biologi Parasit Hewan. Edisi V. Diterjemahkan oleh drh. Wardiarto. Gadjahmada University Press.

Randall, J. E dan D.G. Fautin. 2002. Fishes other than anemonefishes that associate with sea anemones. Coral Reefs, 21:188–190.

Rukmono, D. 1998. Berbagai Jenis Parasit Yang Menyerang Ikan. Hasil Pemeriksaan Laboratorium Karantina Ikan. Ngurah Rai. Denpasar.

Talunga,J.2007.Tingkat Infeksi dan Patologi Parasit Monogenea (Cleiododiscus sp.) pada Insang Benih Ikan Patin (Pangasius pangasius).Skripsi. Universitas Hasanuddin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 OCTOPUS : JURNAL ILMU PERIKANAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter