FORMULASI PAKAN KOTORAN AYAM DENGAN PERSENTASE YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BANDENG CHANOS CHANOS DI BBAP TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN

Nur Insana Salam

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui formulasi pakan kotoran ayam dengan persentase yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan bandeng Chanos chanos. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Ikan bandeng yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Takalar. Dalam penelitian ini ikan yang digunakan sebanyak 5 ekor/wadah. Jumlah wadah penelitian sebanyak 12 buah dengan kapasitas masing-masing wadah sebanyak 10 liter air. Wadah penelitian diisi air sebanyak 5 liter. Perlakuan yang dicobakan adalah pemberian pakan kotoran ayam dengan persentase yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan bandeng Chanos chanos. Pada penelitian ini terdapat 4 perlakuan, perlakuan A (10%), perlakuan B (15%), perlakuan C (20%), perlakuan D tanpa kotoran ayam. Hasil penelitian yang dilakukan selama 1 bulan menunjukan bahwa perlakuan dengan formulasi pakan kotoran ayam dengan persentase yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan bandeng Chanos chanos, diperoleh rata-rata persentase tertinggi pada perlakuan A dengan bobot rata-rata 1,71% dan memiliki kandungan protein sebesar 7,86%. Disarankan untuk budidaya ikan bandeng Chanos chanos sebaiknya menggunakan pakan formulasi kotoran ayam dengan persentase 10% untuk mendapatkan kelangsungan hidup yang tinggi dan pertumbuhan  yang baik selain itu diperhatikan juga kualitas air.


Keywords


Formulasi Pakan, Kotoran Ayam dan Ikan Bandeng Chanos chanos

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Taufik, Erna Ratnawati dan Jamil R. Yakob. 1999. Budidaya Bandeng Secara Intensif. Penebar Swadaya. Yogyakarta.

Ahmad. 2009. Budidaya Bandeng. Rineke Cipta. Jakarta.

Anindiastuti, 1995. Pemeliharaan Larva Ikan Bandeng (Chanos-chanos- Forskall). Balai Budidaya Air Payau, Jepara.

Aslamyah, S. 2008. Pembelajaran Berbasis SCL pada Mata Kuliah Biokimia Nutrisi. UNHAS. Makassar.

Cholik. 1991. Pengelolaan Kualitas Air Kolam. Dirjen Perikanan. Jakarta.

Djarijah S., 1998. Membuat Pellet Pakan Ikan. Kanisius : Yogyakarta

Effendie, M.I. 1997. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta. 159 hlm.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta. 258 hlm.

Febrianti, D. 2004. Pengaruh Pemupukan Harian Dengan Kotoran Ayam Terhadap Pertumbuhan Populasi dan Biomassa Cacing Sutera (Limnodrillus). Skripsi. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 34 hal.

Hadijah. 2011. Pengaruh Skill Representasi Grafik Terhadap Penguasaan Konsep Gerak Siswa SMP. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Prahasta, A. dan Hasanawi M. 2009. Agribisnis Bandeng. Pustaka Grafika. Bandung.

Rusmiyati, S. 2012. Budidaya Bandeng Super. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 OCTOPUS : JURNAL ILMU PERIKANAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter