PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPETITION (CIRC) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PANGGENTUNGAN SELATAN KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

Tasrif Akib

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class room action research) yang bertujuan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Panggentungan Selatan Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan  dalam penelitian ini adalah: (a) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan memberikan tes menulis narasi pada setiap akhir siklus, (b) data tentang proses belajar mengajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.  Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara kuantitatif ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata siswa yaitu dari 69,28 menjadi 76,71 dari skor ideal 100. Secara kualitatif, terjadi peningkatan kualitas proses belajar yaitu perubahan sikap siswa yang ditandai dengan: (a) Meningkatnya frekuensi kehadiran siswa, (b) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, (c) Semakin banyaknya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (d) Semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menjawab tugas dengan benar, (e) Semakin berkurangnya siswa yang meminta bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD Inpres Panggentungan Selatan Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Kata Kunci: Karangan, Narasi, Kooperatif dan CIRC

 

Abstract

This research was class room action research . The aimed of the study to improve the ability to write the essay narrative through the application of learning Cooperative Integrated Reading Competition (CIRC) Students of Class IV Elementary Instruction Panggentungan Southern District of Somba Opu Gowa with the number of students 35 people. Data collection techniques used in this research are: (a) the results of Indonesian students study were collected by delivering narrative writing test at the end of each cycle, (b) data on the learning process collected using observation sheet. The collected data were analyzed quantitatively and qualitatively. The analysis showed an increase learning outcomes quantitatively characterized by increasing the average score of students, namely from 69.28 into 76.71 of the ideal score of 100. In qualitative terms, an increase in the quality of the learning process that changes the attitude of the students are characterized by: (a) Increased frequency of attendance of students, (b) active participation by students in the learning process, (c) the number of students who pay attention to the teacher's explanation, (d) Increasing number of students asking questions and answering the task correctly, (e) the decreasing of students who ask for guidance and ask about a concept explained. It can be concluded that the application of learning Cooperative Integrated Reading Competition (CIRC) can improve students' ability to write narrative fourth grade Inpres South Panggentungan Gowa District of Somba Opu.

Keywords: Authorship, Narrative, Cooperative and CIRC


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1996. Menulis . Jakarta: Karunia Universitas Terbuka.

------------. 1998. Menulis II. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka.

Ambo Enre, Fachruddin . 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP Ujung pandang.

Basri.2005.Kemampuan Siswa Kelas II SMA Negeri I Majene Menulis Karangan Persuasi. Skripsi (tidak diterbitkan).Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Brotowidjoyo, Mukayat D., 2002.Penulisan Karangan Ilmiah Edisi Revisi. Jakarta: Akademika Pressindo

Depdikbud.1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas 2006.Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2002.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Komariah, Titik . Belajar Mengarang .Semarang:Aneka Ilmu.

Kosasih, E. 2002.Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Muda, Ahmad. 2006.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Jakarta:Reality Publisher.

Muslich Masnur.2010.Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Nuralim. 2011. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas V SDN 240 Walemping Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra

Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurhadi. Dkk.2003. Pembelajaran Kooperatif dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rafi’uddin. 1996. Rancangan Penelitian Tindakan. Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan V Tahun 1996/1997. Malang: IKIP Malang

Sawi, Nurhayati. 2009. Pemanfaatan Strategi Neighboardhood Walk‚ Pengamatan Terhadap Lingkungan Sekitar‘ dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kleas X6 SMA Negeri 1 Takalar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Said D.M., M. Ide. 2001. Teori Linguistik.Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjito dan Hassan, M. 1986.Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: IKIP Malang.

Sugiyono.2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan yunus, M. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UniversitasTerbuka

Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Syamsuri, A. S., & Muhsin, M. A. (2016). The Effectiveness of Caricature Media in Learning Writing of Argumentation Paragraph. Theory and Practice in Language Studies, 6(11), 2079.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

---------------------. 1996. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Rineka Cipta

Widyamartaya, A. 1996. Kreatif Mengarang. Yogyakarta: Kanisius




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i2.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.