PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PELATIHAN KESADARAN (AWARENESS TRAINING) PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI I SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA”

Hasnah Gazali

Abstract


Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini adalh untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan siswa menulis naskah pidato dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran (Awareness Training). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research atau penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan hasil belajar keterampilan menulis naskah pidato pada siswa kelas X1 SMA Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan skor rata-rata hasil belajar dari siklus I 68,26 dengan pencapaian ketuntasan belajar dari siklus I yaitu 57,7%. Pencapaian ketuntasan belajar meningkat pada siklus II menjadi 84,6% dan skor rata-rata hasil belajar meningkat pada siklus II menjadi 79,85. Pembelajaran dengan model  pelatihan kesadaran (awareness training) sebagian besar dari siswa yang menjadi subjek penelitian merespon secara positif pada siklus I 46,2% meningkat pada siklus II menjadi 88,4%.

Kata Kunci: Menulis, naskah pidato, dan pelatihan kesadaran

 

Abstract

The purpose of this study is to know the result of increased ability the students writes speeches with awareness training model. The method used in this research is a classroom action research or action research using two cycles. Results showed improvement of learning outcomes speech writing skills in class X1 SMA Negeri I Sungguminasa Gowa. This demonstrated by the increase in the average score of the first cycle of learning outcomes 68.26 with mastery learning achievement of the first cycle is 57.7%. The achievement of mastery learning increased in the second cycle be 84.6% and the average score of learning outcomes increased in the second cycle into 79.85. Learning with a training model of consciousness (awareness training) most of the students were the subject of research to respond positively in the first cycle increased 46.2% in the second cycle becomes 88.4%.

Keywords: Writing, speeches, and training awareness


Full Text:

PDF

References


B. Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Chulsum, Umi dan Windi Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Cisca. 2011. Ejaan Yang Disempurnakan. Yogyakarta. Cabe Rawit.

Darmawati. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN No. 9 Makkaraeng Kabupaten Maros Melalui Metode Pemberian Tugas”. Skripsi. FKIP Unismuh Makassar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Munirah. 2006. Dasar Keterampilan Menulis. Makassar: Unismuh Makassar.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, Jalaludin. 1982. Retorika Modern. Bandung: Akademika.

Rapi Tang, Muhammad, dkk. 2008. Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tanti Yuniar. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Agung Media Mulia.

Aurigamaulana. 2012. Definisi Pidato. Terdapat pada: blogspot.com /2012/05/definisi-pidato-jenis-tujuan-metode. html. Diakses pada tanggal 30 Juni 2013.

Edukasi Net. 2010. Jenis Pidato.Terdapat Pada: http://edukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=531&uniq=4710. Diakses pada tanggal 12 Juni 2013.

Hertanti Pratiwi. 2010. “Analisis Kemampuan Menulis Naskah Pidato Siswa kelas XI SMK YPKK 1 Sleman Yogyakarta”. Skripsi. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kompasiana. 2012. Keterampilan menulis. Terdapat pada: http://bahasa.kompasiana.com/2012/03/25/hakikat-keterampilan-menulis-449101.html. Diakses pada tanggal 29 Juni 2013.

Muhammad Satriawan. 2012. Kelompok model pembelajaran personal (personal family). Terdapat pada: http://muhammadsatriawan27.blogspot.com/2012/09/kelompok-model-pembelajaran-personal.html. Diakses pada tanggal 03 Juli 2013.

Muhsin, Muh. Arief. 2016 . The Effectiveness of Positive Feedback in Teaching Speaking Skill. Lingua Cultura, 10(1), 25-30. http://dx.doi.org/10.21512/lc.v10i1.873

Tri Mawarningsih. 2012. Awareness Training (Pelatihan Kesadaran). Terdapat pada: http://nhingz-anwar.blogspot.com/2012/11/awareness-training-pelatihan-kesadaran.html. Diakses pada tanggal 01Juni 2013.

Sugianto. 2011. Pidato. Terdapat pada: http://sugikmaut.blog.com/?p=22. Di Akses pada tanggal 12 Mei 2012.

Sulaiman, Tohirah. 2011. “Peningkatan Kemampuan Belajar Sosiologi Melalui Metode Problem Besid Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Flores”. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.